Home » Keajaiban di Dalam Negeri » Bangunan » Benarkah Candi Borobudur Adalah Peninggalan Nabi Sulaiman?

Benarkah Candi Borobudur Adalah Peninggalan Nabi Sulaiman?

Benarkah Candi Borobudur Adalah Peninggalan Nabi Sulaiman?

Membaca judul diatas, tentu banyak orang yang akan mengernyitkan dahi, sebagai tanda ketidakpercayaannya. Bahkan, mungkin demikian pula dengan Anda. Sebab, Nabi Sulaiman AS adalah seorang utusan Allah yang diberikan keistimewaan dengan kemampuannya menaklukkan seluruh makhluk ciptaan Allah, termasuk angin yang tunduk di bawah kekuasaannya atas izin Allah. Bahkan, burung dan jin selalu mematuhi perintah Sulaiman.

Menurut Sami bin Abdullah al-Maghluts, dalam bukunya Atlas Sejarah Nabi dan Rasul, Nabi Sulaiman diperkirakan hidup pada abad ke-9 Sebelum Masehi (989-931 SM), atau sekitar 3.000 tahun yang lalu. Sementara itu, Candi Borobudur sebagaimana tertulis dalam berbagai buku sejarah nasional, didirikan oleh Dinasti Syailendra pada akhir abad ke-8 Masehi atau sekitar 1.200 tahun yang lalu. Karena itu, wajarlah bila banyak orang yang mungkin tertawa kecut, geli, dan geleng-geleng kepala bila disebutkan bahwa Candi Borobudur didirikan oleh Nabi Sulaiman AS.

Candi Borobudur merupakan candi Budha. Berdekatan dengan Candi Borobudur adalah Candi Pawon dan Candi Mendut. Beberapa kilometer dari Candi Borobudur, terdapat Candi Prambanan, Candi Kalasan, Candi Sari, Candi Plaosan, dan lainnya. Candi-candi di dekat Prambanan ini merupakan candi Buddha yang didirikan sekitar tahun 772 dan 778 Masehi.

Lalu, apa hubungannya dengan Sulaiman? Benarkah Candi Borobudur merupakan peninggalan Nabi Sulaiman yang hebat dan agung itu? Apa bukti-buktinya? Benarkah ada jejak-jejak Islam di candi Buddha terbesar itu? Tentu perlu penelitian yang komprehensif dan melibatkan berbagai pihak untuk membuktikan validitas dan kebenarannya.

Namun, bila pertanyaan di atas diajukan kepada KH Fahmi Basya, ahli matematika Islam itu akan menjawabnya; benar. Borobudur merupakan peninggalan Nabi Sulaiman yang ada di tanah Jawa.

Dalam bukunya, Matematika Islam 3 (Republika, 2009), KH Fahmi Basya menyebutkan beberapa ciri-ciri Candi Borobudur yang menjadi bukti sebagai peninggalan putra Nabi Daud tersebut. Di antaranya, hutan atau negeri Saba, makna Saba, nama Sulaiman, buah maja yang pahit, dipindahkannya istana Ratu Saba ke wilayah kekuasaan Nabi Sulaiman, bangunan yang tidak terselesaikan oleh para jin, tempat berkumpulnya Ratu Saba, dan lainnya.

Dalam Alquran, kisah Nabi Sulaiman dan Ratu Saba disebutkan dalam surah An-Naml [27]: 15-44, Saba [34]: 12-16, al-Anbiya [21]: 78-81, dan lainnya. Tentu saja, banyak yang tidak percaya bila Borobudur merupakan peninggalan Sulaiman.

Candi Borobudur merupakan candi Budha

Di antara alasannya, karena Sulaiman hidup pada abad ke-10 SM, sedangkan Borobudur dibangun pada abad ke-8 Masehi. Kemudian, menurut banyak pihak, peristiwa dan kisah Sulaiman itu terjadi di wilayah Palestina, dan Saba di Yaman Selatan, sedangkan Borobudur di Indonesia.

Tentu saja hal ini menimbulkan penasaran. Apalagi, KH Fahmi Basya menunjukkan bukti-buktinya berdasarkan keterangan Alquran. Lalu, apa bukti sahih andai Borobudur merupakan peninggalan Sulaiman atau bangunan yang pembuatannya merupakan perintah Sulaiman?

Menurut Fahmi Basya, dan seperti yang penulis lihat melalui relief-relief yang ada, memang terdapat beberapa simbol, yang mengesankan dan identik dengan kisah Sulaiman dan Ratu Saba, sebagaimana keterangan Alquran. Pertama adalah tentang tabut, yaitu sebuah kotak atau peti yang berisi warisan Nabi Daud AS kepada Sulaiman. Konon, di dalamnya terdapat kitab Zabur, Taurat, dan Tingkat Musa, serta memberikan ketenangan. Pada relief yang terdapat di Borobudur, tampak peti atau tabut itu dijaga oleh seseorang.

“Dan Nabi mereka mengatakan kepada mereka: ‘Sesungguhnya tanda ia akan menjadi raja, ialah kembalinya tabut kepadamu, di dalamnya terdapat ketenangan dari Tuhanmu dan sisa dari peninggalan keluarga Musa dan keluarga Harun; tabut itu dibawa malaikat. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda bagimu, jika kamu orang yang beriman’.” (QS Al-Baqarah [2]: 248).

Kedua, pekerjaan jin yang tidak selesai ketika mengetahui Sulaiman telah wafat. (QS Saba [34]: 14). Saat mengetahui Sulaiman wafat, para jin pun menghentikan pekerjaannya. Di Borobudur, terdapat patung yang belum tuntas diselesaikan. Patung itu disebut dengan Unfinished Solomon.

Ketiga, para jin diperintahkan membangun gedung yang tinggi dan membuat patung-patung. (QS Saba [34]: 13). Seperti diketahui, banyak patung Buddha yang ada di Borobudur. Sedangkan gedung atau bangunan yang tinggi itu adalah Candi Prambanan.

Keempat, Sulaiman berbicara dengan burung-burung dan hewan-hewan. (QS An-Naml [27]: 20-22). Reliefnya juga ada. Bahkan, sejumlah frame relief Borobudur bermotifkan bunga dan burung. Terdapat pula sejumlah relief hewan lain, seperti gajah, kuda, babi, anjing, monyet, dan lainnya.

Kelima, kisah Ratu Saba dan rakyatnya yang menyembah matahari dan bersujud kepada sesama manusia. (QS An-Naml [27]: 22). Menurut Fahmi Basya, Saba artinya berkumpul atau tempat berkumpul. Ungkapan burung Hud-hud tentang Saba, karena burung tidak mengetahui nama daerah itu. “Jangankan burung, manusia saja ketika berada di atas pesawat, tidak akan tahu nama sebuah kota atau negeri,” katanya menjelaskan. Ditambahkan Fahmi Basya, tempat berkumpulnya manusia itu adalah di Candi Ratu Boko yang terletak sekitar 36 kilometer dari Borobudur. Jarak ini juga memungkinkan burung menempuh perjalanan dalam sekali terbang.

Keenam, Saba ada di Indonesia, yakni Wonosobo. Dalam Alquran, wilayah Saba ditumbuhi pohon yang sangat banyak. (QS Saba [34]: 15). Dalam kamus bahasa Jawi Kuno, yang disusun oleh Dr Maharsi, kata ‘Wana’ bermakna hutan. Jadi, menurut Fahmi, wana saba atau Wonosobo adalah hutan Saba.

Ketujuh, buah ‘maja’ yang pahit. Ketika banjir besar (Sail al-Arim) menimpa wilayah Saba, pepohonan yang ada di sekitarnya menjadi pahit sebagai azab Allah kepada orang-orang yang mendustakan ayat-ayat-Nya.  “Tetapi, mereka berpaling maka Kami datangkan kepada mereka banjir yang besar[1236] dan Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Atsl dan sedikit dari pohon Sidr.” (QS Saba [34]: 16).

Kedelapan, nama Sulaiman menunjukkan sebagai nama orang Jawa. Awalan kata ‘su’merupakan nama-nama Jawa. Dan, Sulaiman adalah satu-satunya nabi dan rasul yang 25 orang, yang namanya berawalan ‘Su’. Kesembilan, Sulaiman berkirim surat kepada Ratu Saba melalui burung Hud-hud. “Pergilah kamu dengan membawa suratku ini.” (QS An-Naml [27]: 28).  Menurut Fahmi, surat itu ditulis di atas pelat emas sebagai bentuk kekayaan Nabi Sulaiman. Ditambahkannya, surat itu ditemukan di sebuah kolam di Candi Ratu Boko.

Kesepuluh, bangunan yang tinggal sedikit (Sidrin qalil). Lihat surah Saba [34] 16). Bangunan yang tinggal sedikit itu adalah wilayah Candi Ratu Boko. Dan di sana terdapat sejumlah stupa yang tinggal sedikit. “Ini membuktikan bahwa Istana Ratu Boko adalah istana Ratu Saba yang dipindahkan atas perintah Sulaiman,” kata Fahmi menegaskan.

Selain bukti-bukti di atas, kata Fahmi, masih banyak lagi bukti lainnya yang menunjukkan bahwa kisah Ratu Saba dan Sulaiman terjadi di Indonesia. Seperti terjadinya angin Muson yang bertiup dari Asia dan Australia (QS Saba [34]: 12), kisah istana yang hilang atau dipindahkan, dialog Ratu Bilqis dengan para pembesarnya ketika menerima surat Sulaiman (QS An-Naml [27]: 32), nama Kabupaten Sleman, Kecamatan Salaman, Desa Salam, dan lainnya. Dengan bukti-bukti di atas, Fahmi Basya meyakini bahwa Borobudur merupakan peninggalan Sulaiman. Bagaimana dengan pembaca? Hanya Allah yang mengetahuinya. Wallahu A’lam.

61 Komentar

  1. sangat tidak mungkin,,,, mana mungkin peninggalan nabi kalo ada patung buda nya? nabi berarti agama buda donk?

    View Comment
  2. ahahhah .. prambanan thu hindu ..

    View Comment
  3. Masih hidup ndak tu kyayi? alne ane ade pertanyaan. Buddha tu kan lahir sekitar abad 10-6SM. Ya mirip2 sulaiman deh. Apa mungkin Buddha ente sebut sebagai Nabi Sulaiman?

    View Comment
    • Zacky harry saputra 15 Juli 2013 pada 1:47 pm

      Allahu A’lam,,,

      ap yg tertulis disini belum tentu benar dan bisa jadi benar,,
      n apa yg anda tanyakan karena anda tidak tahu seluk beluk, n mw berfikir kan??

      View Comment
  4. hahaha maksa banget ini argumentnya… di paksa paksain

    View Comment
  5. Setelah saya ikuti vidio ini dan
    dari keterangan pak Yai Fahmi , keliatannya ada yg kurang sesuai dari
    penjelasannya adapun yang saya ketahui keterangan dari video ini

    1. Borobudur
    di bangun oleh jin yg diperintah oleh n sulaiman dan di awasi sampai ia wafat
    dan tak ada yg mengetahui, kemudian ia pun tau N Sulaiman wafat dari rayap
    yang memakan tongkatnya dan ia pun
    terjungkal

    2. Nabi
    sulaiman wafat kemudian para jin lari untuk meninggalkan pekerjaannya sehingga
    kurang satu archa yg belum jadi

    3. Arsy
    saba di pindah dr ratu boko kemudian di taruh di atas borobudur

    4. Ratu
    boko berkunjung dan tercengang pada saat melihat singgasananya

    dari cerita itu yang kelihatannya
    kurang sesuai

    yaitu

    1. Pada
    saat di pindahnya arsy ratu saba, borobudur belum di bangun, padahal tempat
    arsy ratu boko terdapat di tempat yg paling atas candi borobudur, sedangkan
    masa pembuatan candi boro budur sampai Nabi sulaiman wafat

    2. Bagaimana
    sebuah bangunan bisa terbangun apabila yg bawah aja belum jadi tetapi yg atas
    sudah ada.

    View Comment
    • saat jin meninggalkan pekerjaannya bukan hanya 1 arca yang belum selesai, tapi banyak relief yang belum sempurna karena yang di buat bukan hanya Borobudur, tetapi candi-candi lain juga coba lihat candi-candi lain juga memiliki relief dan ada yang belum sempurna juga.

      View Comment
  6. bingung…. pasti bingung. tapi terima kasih atas infonya. karena dengan ini kita bisa mencari dan menggali lagi peradaban kita semua selaku umat manusia

    View Comment
  7. pada dasarnya setiap orang bebas mengungkapkan pendapatnya mengenai suatu apapun, tidak ada yang melarang. namun sebelum berpendapat berpikirlah secara logika saja dan kenyataan yang sudah ada. matur nuwun

    View Comment
  8. Mungkin pak kyai lupa menjelaskan, bagaimana adegan hubungan sex pada bagian paling bawah/kamadhatu (sekarang ditimbun tanah). Apa itu islami? Bukti-bukti saba di yaman lebih kuat dibandingkan argumen-argumen pak kyai.

    View Comment
    • ini penelitian sejarah ben..yg dia buktikan dengan kitab yg ia yakini..kayanya lo yg harus lebih paham lg islam&qur’an itu ben

      View Comment
      • harus nya tu pak kiai musti liat dari 2 sisi kalo dy ngambil dari sisi alqur’an , kenapa ga liat juga dari sisi hindu buda, trus bandingkan kedua nya kliatan dah mana teroinya yang paling berpengaruh dengan keberadaan candi borbudur

        kalo cuma liat dari satu sisi ( islam ) aja , jelas” kliatan seperti dipaksakan –“

        View Comment
    • Zacky harry saputra 15 Juli 2013 pada 1:46 pm

      itu klo ente mandangnya negatif bro,,,

      bisa saja yg tergambar dalam batu itu merupakan orang2 yg sesat,,,
      makanya dia berada di kasta paling bawah,,, karena sering zina dll

      View Comment
  9. wah keren ini argumennya bakalan di lemparin batu sama saudara2 kita umat budha ente pak kyai. ada – ada, aja mana di sebutkan klo surat nabi sulaeman di temukan di kolam boko lagi.
    gedek – gedek kepala

    View Comment
  10. wah keren ini argumennya bakalan di lemparin batu sama saudara2 kita umat budha ente pak kyai. ada – ada, aja mana di sebutkan klo surat nabi sulaeman di temukan di kolam boko lagi.
    gedek – gedek kepala

    View Comment
  11. bener bener ngacau to orang,,,sukanya mengklaim milik orang lain,,,makanya kalo mau punya,,,buat dulu baru diklaim,,,somplak

    View Comment
  12. orang tanpa ilmu pasti ga nyampe dengan penjelasan2 di atas..sedangkan orang berilmu pasti akan berbicara penuh dengan bukti2 yg pastinya ga asal ngomong.
    suatu saat sejarah yg sebenarnya pasti akan terungkap..dan sepertinya tidak akan lama lagi…

    View Comment
  13. Ayat-ayat Al Quran adalah murni cerita masa lampau, masa sekarang dan masa yang akan datang. Kalau sesuatu telah tercatat di dalamnya, maka insyaallah akan benar faktanya.

    View Comment
  14. Dasar GOBLOK KY…. Otak dungu

    View Comment
  15. Membayangkan Nano sulaiman berbahasa Jawa kromo inggil

    View Comment
  16. sama halnya seperti isa yang kristiani, bisa saja kan sulaiman adalah seorang budha . tapi satu yang perlu diingat, islam agama penyempurna dan yang paling sempurna :)

    View Comment
  17. (smua nya itu bsa trjadi.. karna ALLOH.. lh yg menciptakan.. bumi l;angit&beserta isi y…,,,) bagai mana Anda menyikapi y aj,,, tentang kisah cerita ini….

    View Comment
  18. borobudur baru sekelumit bukti..dari kejayaan peradapan negri ini..semakin mengkrucut pembuktian bahwa nenek moyang negri ini jauh lebih beradap

    View Comment
  19. saya tadi baca di website ini kalo Borobudur itu yang mendirikan adalah Syailendra, yang benar yang mana nih? kok tidak jelas begini…

    View Comment
  20. Hahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahaahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahaha
    lawak

    View Comment
  21. Adanya buda dan hindu itu adalah pembelokan kercayaan keturunan nabi ibrahim, buda dan hindu kan awalnya dari jawa, sedangkan nenek moyang hindu dan buda itu sama2 brahmana, brahmna itu adalah sama dengan nabi ibrahim dan keturunan nabi ibrahim itu sebenarnya orang2 jawa termasuk nabi sulaiman, patung2 yg ada di candi borobudur itu adalah contoh surga dimana bnyak bidadara yg duduk dengan menggunakan kain sutra, candi itu sbenarnya dari kata sandi, suatu sandi yg harus di pecahkan, karna akan ada suatu kebentan yg baru, saya sangat percaya 100% karna saya membaca semua artikel2 yg telah saya baca dan saya teliti tidak hanya dari kh,fahmi basya, tapi
    dari berbagai informasi2 yg saya baca. *jadi buat temen2 yg di sini komentarnya sok tau mending cari informasi di tambah ilmunya baru berbicara.

    View Comment
    • eh mulutnya biasa aja dong jangan bawa bawa agama orang, agama budha dan hindu real! dari INDIA DAN TIDAK BERUBAH AJARANNNYA BAGAIMANA BISA KAMU MENGKAITKAN AJARAN AGAMA KU DENGAN AGAMA ISLAM YANG SANGAT BEDA 180%??????

      View Comment
    • bang ngambil sejarah dari mana tu –” jelas ” hindu lebih tua ajarannya dari Islam, kok tiba” ngerasa bener main belok” aja
      liat sebuah sejarah bukan cuma dari 1 sumber saja tapi dari berbagai sumber yang terkait dan saling berhubungan

      View Comment
    • bang bowo, budha dan hindu bukan berasal dari jawa. tapi dari india.

      View Comment
    • mas bowo yang sok tau…kalo mau cari ilmu tambahan baca buku Siva Purana dijamin lu bakalan tau sejarah turunnya agama islam..dan ingat borobudur itu peninggalan zaman Hindu-Budha dapat dilihat dari patung Budha nya..ya kalo iya itu diambil dari cerminan sulaiman..mungkin sulaiman itu agamanya Budha..

      View Comment
  22. bisa saja lantaran belum selesai pembuatannya kemudian, ditemukan dan diteruskan oleh masyarakat budha (waktu masa hindu budha masuk ke indo)

    View Comment
  23. tolol…mana ada nabi nyuruh jin buat bikin patung,,,sedangkan nabi sulaiman menyembah allah…bukan nyembah patung…

    View Comment
  24. yang harus kta perhatikan bukan pengakuan milik siapa,krna di Al qur’an disebutkan orang yang berserah diri, dan ajaran hindhu dan budha intinya jg disiplin diri, dn menjaga keseimbanagan. tapi dajjal yang dipenjara dngan besi dan dicor dngan tembaga oleh nabi sulaiman. karna dia akan merusak keseimbangan tadi dngan gambaran bermata satu, yg artinya dia hanya melihat dari 1 sisi saja, karna anak buah dajal yang sudah lepas banyak berkeliaran.dngn iming” harta kemewahan dan tahta /kehormatan, satu contoh,tempat percupangan, orang tega mengorbankan anak /klrga demi harta, mengorbankan orang lain demi jabatan. sekutu dari settan ini mengajak untuk menebang hutan memakan dn memanfaatkan binatangnya,dan menggali tambang yang ada dilmnya, orang akan saling bunuh hanya untuk sesuap mkanan, kita mendengar bahwa dajall itu memakan bangkai mnusia, seumpama hutan itu gundul,binatang ternak habis,padi tidak bisa hidup karna lahan rusak bekas tambang seperti di etopia, padahal sejarh ada kerajaan pertama di muka bumi ini adalah dari benua afrika. yg dulunya subur, binatangnya besar” karna nutrisinya tercukupi. dan mineral alamnya sangat tinggi. klo sudah seperti itu dapat kita bayangkan orang akan memakan daging manusia,yang pasti sudah tidak ada lg agama di massa itu.dan psti habislah manusia.dan orang yg terahirr hidup yg akan paling tersiksa dngan mati kelaparan, nabi sulaiman nabi buat semua makhluk, dia raja buat manusia,tentaranya jin, semua binatang dia sayangi karna mukjizatmya bisa berbicara dngan binatang,bisa jadi nabi sulaiman itu seorang vegetarian. seperti ajaran hindhu dan budha yg menghindari makanan yg beryawa.seperti halnya jga orang” tasawuf. nabi daud seorang yang bisa melumatkan besi dngan tanganya, dijawa jg ada empu yg membuat keris dngan cara dipencet dngn tanagan, di ajaran shaolin juga ada pukulan yg dahsat yg terkenal dngan tapak budha. masih banyak lgi bukti” yg belum terungkap tapi bukan untuk diperdebatkan,tapi sebagai pengigat bahwa kita harus waspada dan menjaga syajaroh (sejarah) itu sendiri….. salam

    View Comment
  25. lu semua salah, knapa candi prambanan belum selesai?karena rorojongrang membuat rencara agar jin takut dengan cara membuat sesuatu seolah” sudah pagi, akhirnya jin pun berakhir bekerja,JANGAN BUTA KARENA AGAMA ,JANGAN MEMPERCAYAI HAL YANG BELUM BENAR,JANGAN SAMPAI MALAH ADA LAGI BUKTI YANG BENAR, prambanan=bangunan kerajaan dan bantuan jin (manusia dan jin pada jaman dahulu memiliki ikatan bathin yang kuat) borobudur=bangunan suci kerajaan sriwijaya/kerajaan budha lainnya

    View Comment
  26. Manusia Hindunesia 10 Mei 2013 pada 3:06 am

    Benar Mas Admin, perasaan saya juga kecut banget baca tulisan pengakuan ini. Kalau hisap jempol tangan masih OK lah mas… tapi ini penghatan penulis teori seperti menghisap jempol kaki, terasa kecutnya sampai ke audience. Dan kalau ternyata mimpi basah dia di siang bolong benar, toh juga dia ngga akan bisa menerima kalau ternyata Sulaiman itu Musyrik dan Berhala… :) bener ngga?

    View Comment
  27. asyiiik juga baca artikelnya,,,, lebih asyiiik lg baca orang2 yg komentar….seruuuuuuu!!!!!…sampai2,,mau berantem…..adeh,adeh..ajeee!!!!!

    View Comment
    • Udah lah smua agama merasa paling bener gak ada yang mau megalah jadi kalo menurut ane sesuatu yang belum terungkap itu masih goib…jadi kita harus mengintro peksi diri aja…sesungguh nya kunci masuk surga ada lah dengan syahadat…( lailahailalah muhamad darasulullah)

      View Comment
  28. Melody Ramadhani 25 Juli 2013 pada 2:17 am

    Saya prihatin sekali dengan pikiran anda-anda semua terutama sodara2
    muslim yang lebih percaya pendapat tanpa dasar Penjajah Belanda (Van
    Erp). Gimana Islam bisa kuat kalo kita
    sendiri tidak saling mendukung dan berpikiran jernih…

    SEMUA BISA SERBA MUNGKIN!…Bisa jadi kisah Buddha adalah kisah fiktif yang lahir dari relief candi
    “Borobudur”. Maksud saya bisa jadi orang-orang di jaman 500an SM
    menemukan bangunan Borobudur (yang didirikan oleh nabi sulaiman pada
    abad 900an SM). Bangunan tersebut penuh dengan gambar dan cerita
    misteri, kemudian mereka membuat kisah Fiktif dari gambar-gambar
    tersebut, kisahnya berjudul Buddha. Kisah tersebut semakin lama semakin
    dipermanis sampai sekarang (coba anda sekalian amati perkembangan agama budha)

    Sebagai bahan renungan, orang jaman dulu sangat suka membuat kisah dari
    peninggalan yang ada, jangankan bangunan bangunan yang megah, gunung aja
    bisa mereka jadikan kisah legenda fiktif yang panjang sekali ceritanya
    (misalnya legenda gunung tangkuban perahu).

    Semoga pikiran agan2 bisa terbuka…dan menerima beberapa kemungkinan.

    View Comment
    • gimana kalo sulaimannya sendiri yang mitos belaka ? yang cuma dikait”an dengan borobudur yg merupakan peninggalan Budha ? ya istilahnya numpang tenar..sama kaya yg bikin buku ini..cuman biar laris aja tuh buku

      View Comment
      • jika anda bilang Nabi Sulaiman hanya mitos, berarti anda tidak mempercayai isi kitab(alquran dan injil). kesimpulannya anda bukan penganut agama Islam maupun nasrani yang mengakui kenabian Sulaiman as.

        View Comment
  29. kertarajasa jayawardhana 25 Oktober 2013 pada 1:38 pm

    islam itu hanya agama yang menjiplak n mencuil bagian dari setiap agama lain dan dibuat dalam satu cerita yang mendoktrin orang indonesia dan ingatlah bahwa bukan islam agama terbesar didunia melainkan agama hindhu dan budha karena hindhu dan budha mengajarkan dharma bukan perang atau jihad

    View Comment
  30. indonesa,,,i love u full…

    View Comment
  31. untuk yang umat budha,,kira2 ada penjelasan seperti ini gak,,terutama tentang relief 2 yang ada tuh,,biar berimbang dong,,jadi biar tambah wawasan buat kita2..

    View Comment
  32. Ini betul2 ulasan yang KACAU. Sdh jelas bahwa candi ini fokus mengenai ajaran Budha, kok dikaitkan dengan Raja Salomo/Sulaiman, yang menurut Alkitab merupakan manusia yang paling bijaksana dan paling pintar, sejak dan setelah dunia ini. Kenapa ??? karena itu saja yang diminta kepada Tuhan Maha Pencipta.

    View Comment
  33. Borobudur itu seperti penjelasan dunia akhirat.
    bagian bawah itu disebut KH Fahmi Basya sebagai api, saya membaca berbagai artikel bahwa relief bagian bawah isinya relief yang katanya mesum, berarti pas bahwa orang-orang yang hanya memikirkan duniawi akan ditempatkan di api yaitu neraka.
    bagian tengah adalah surga, karena reliefnya mengisahkan yang baik-baik apalagi ada cerita ttg nabi Sulaiman dan isi zabur.
    bagian atas adalah singgasana Allah swt yang berada di surga, di alquran juga dijelaskan bahwa di surga nanti penghuninya akan melihat para malaikat bertasbih melingkari Allah swt yang bersemayam di atas arsy-Nya, pas dengan bagian atas Borobudur yang melingkar dan arsy Allah swt itu seperti bangunan di atas air dan tetesan air itu jika dilihat dengan kamera 30000 frame per detik, akan terlihat suatu bangunan seperti bagian atas Borobudur.

    View Comment
  34. bagus penelitiannya>>>>daripada yang lain asbun>>>>

    View Comment

Beri Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*