Keajaiban Sungai Terluas di Dunia

Ketika melihat keadaan sungai yang ada di Indonesia sepertinya kita akan prihatin. Sebab tidak banyak sungai yang masih bagus dan tidak tercemar. Bahkan, di kota-kota besar hampir diseluruh Indonesia sungai-sungai sudah tidak layak lagi. Padahal masyarakat di mana pun baik luar dan dalam negeri sebenarnya lebih banyak bermukim di sepanjang aliran sungai. Karena di sungai ada banyak penghidupan yang bisa dikerjakan, mulai memancing, mandi, berwisata, dan maish banyak lagi.

Tahukan Anda bagaimana sungai itu terbentuk? Sungai adalah salah satu golongan siklus hidrologi dan pada umumnya air sungai yang terkumpul berasal dari adanya proses presipitasi. Presipitasi dalam kamus bahasa indonesia online memiliki arti geografi, yakni sebagai proses pengendapan, baik dari dalam larutan maupaun dari udara permukaan ke permukaan. Makna lainnya adalah kandungan kelembapan udara yang berbentuk cairan atau bahan padat seperti hujan dan embun salju.

Sungai juga bisa dikatakan sebagai saluran air yang sempit dan panjang di permukaan bumi. Air sungai biasanya mengalir dan memotong permukaan bumi akibat adanya gaya gravitasi bumi. Sungai bisa mengalir ke tiga tempat seperti danau, laut dan samudera sebagai perhentian akhir alirannya atau muaranya. Jenis sungai terluas di dunia juga bermacam-macam dan biasanya terbagi menjadi sungai hujan, sungai salju dan sungai campuran. Perlu diketahui, selaian air, sungai juga mengalirkan sedimen dan polutan.

Loading...

Proses terjadinya sungai diawali dengan air yang berada di permukaan darat (baik air hujan, mata air, maupun cairan gletser) mengalir melalui sebuah saluran yang selalu menuju ke tempat yang lebih rendah. Ketika awal terbentuk saluran yang dilalui biasanya relatif sempit dan pendek. Tetapi secara alami, aliran ini makin lama makin mengikir daerah-daerah yang dilalui oleh air tersebut. sehingga aliran ini lama kelamaan akan semakin lebar dan panjang, dari sinilah maka akan terbentuk daratan berarti yang kita kenal sebagai sungai.

Berikut ini adalah daftar sungai terluas di dunia yang pernah ada dan sekaligus menjadi sungai terpanjang yang pernah muncul di dunia.

MENARIK:  Surat Cinta Pertama Di Dunia

1. Sungai Nil

Sungai Nil

Sungai tidak hanya luas namun juga menjadi sungai terpanjang sebab tidak hanya mengalir di Mesir namun melewati negara lain seperti Ethiopia, Zaire,Kenya, Uganda, Rwanda, Burundi dan Sudan. Sungai ini mengalir sepanjang 6650 kilometer melalui negara-negara tersebut. Sepanjang aliran sungai kini mengalami peningkatan perkembangan pesat, termasuk perekonomian. Sungai Nil yang termasuk dalam sungai terluas di bumi ini ternyata sangat subur Sebab banyak warga yang bermukin sepanjang sungai sehingga banyak juga pembangunan ke arah modernisasi.

2. Sungai Amazon

Sungai Amazon

Sungai Amazon terletak di negara Brazil, sungai ini menjadi sungai yang memiliki sumbangan terbesar untuk jumlah aliran sungai di dunia. Panjang aliran sungai ini bisa mencapai 6400 kilometer bahkan ketika musim hujan tiba, ukuran lebar sungai Amazon ini bisa mencapai 190 kilometer.

3. Sungai Yangtze

Sungai Yangtze

Sungai ini merupakan sungai terbesar ketiga di dunia dan menjadi sungai terbesar di Asia. Sungai Yangtze juga menjadi salah satu pusat kebudayaan China. Sebab cekungan sungai menjadi tempat tinggal bagi sepertiga penduduk China. Selain itu, sungai ini juga menjadi garis pemisah antara daerah utara China dan China selatan, dua daerah tersebut mempunyai kebudayaan yang berbeda. Sampai saat ini, Chang Jian atau sungai Yangtze memberikan sumbangan sebesar 20% dari PDB China secara keseluruhan

4. Sungai Missisippi

Sungai Missisippi

Sungai missisipi ini berada di negara Amerika Serikat dengan panjang aliran 3734 kilometer dan termasuk salah satu dari sepuluh sungai terbesar di dunia. Sungai missippi memiliki sistem sungai yang dimulai dari Montana dan berakhir di sungai Red Rocks. Seiring berjalannya waktu maka terjadi perubahan yang cepat sehingga menjadi sungai Jeffereson yang kemudian bergabung dengan Madison dan Gallatin dan membentuk sungai Missouri.

Perjalanannya di Sungai missipppi tidak sekadar itu saja. Setelah mencapai Sungai Missouri State maka barulah bergabung menjadi sungai Missisippi. Dunia juga mengenal Sungai Missisippi sebagai daerah tujuan transportasi Amerika Serikat dan daerah wisata.

MENARIK:  Rahasia yang Tersembunyi dari Bulan

5. Sungai Yenisei-Angara-Selenga-Ider

Sungai Yenisei-Angara-Selenga-Ider

Sungai ini mengalir negara Rusia atau Mongolia dan memiliki panjang sekitar 5539 kilometer. Sungai Yenisei juga menjadi sungai terpanjang ada di Mongolia. Sungai ini memiliki sistem sungai terbesar yang mengalir ke Samudra Arktik dan menjadi sungai terpanjang dengan urutan Yenisei, Angara, Selenga dan Ider. Sungai Yenisei termasuk salah satu sungai yang membeku tiap musim dingin, sungai membentang sepanjang 3434 mil. Sungai Yenisei ini berasal dari gabungan dua sungai yakni Bii-Khem dan Kaa-Khem yang berhulu di bagian utara sampai samudra arktik.

6. Sungai Hwang Ho

Sungai Hwang Ho

Sungai Hwang Ho memiliki nama lain yaitu sungai kuning. Sungai ini terdapat di negara China dan menjadi pusat perhatian bagi masyarakat China karena termasuk dalam pusat kebudayaan China. Panjang sungai hwang Ho mencapai 5464 kilometer dan menjadi sungai terbesar kedua di China setelah sungai Yangtze. Sungai ini mengalir melalui sembilan provinsi di China dan mengalir ke Laut Bohai.

7. Sungai Irtysh

Sungai Irtysh

Sungai Irstysh artinya sungai putih dan terletak di wilayah Siberia, Rusia. Sungai ini mempunyai panjang 5410 kilometer dan melintasi empat negara yaitu Mongolia, Kazakhstan, Rusia dan China. Sungai Irtysh merupakan salah satu anak sungai utama dari sungai Ob dan merupakan sungai terpanjang untuk pelabuhan di Siberia barat.

8. Sungai Kongo

Sungai Kongo

Nama lain dari Sungai Kongo adalah sungai Zaire, sungai ini mengalir sepanjang 4700 kilometer di Afrika tengah. Sungai Kongo menjadi sungai terbesar di Afrika tengah bagian barat dan menjadi sungai terbesar kedua setelah sungai Nil. Mulai 1971 hingga 1997 bernama sungai Zaire yang memiliki arti “sungai yang menelan semua sungai.” Namun seiring berkembangnya waktu sungai ini berubah nama menjadi Sungai Kongo karena adanya perubahan sistem pemerintahan di negara tersebut.

9. Sungai Amur

Sungai Amur

sungai ini memiliki panjang 4444 kilometer dan membentang sepanjang daerah perbatasan Timur Jauh Rusia dan Timur China. Penyebutan lain untuk sungai ini adalah Heilong Jiang (Cina) dan Sahaliyan Ula (Manchu).

MENARIK:  Sungai paling Berbahaya di Dunia

10. Sungai Lena

Sungai Lena

Sungai Lena terletak di Siberia dan menjadi salah satu sungai terpanjang yang kembali ditemukan di Rusia. Panjang sungai ini mencapai 4400 km atau 2734 mil dan bermuara dari Laut Arktik hingga Gunung Baikal. Pada akhir Sungai Lena ada delta besar yang membentang 100 km ke laut Laptev dan sekitar 400 km atau 250 mil lebarnya.

Selama setahun akan ada Delta Tundra dalam 7 bulan namun pada bulan Mei mengubah wilayah tersebut menjadi lahan basah yang subur untuk beberapa bulan ke depan. Sedangkan bagian dari wilayah yang dilindungi disebut sebagai Lena Delta Wildlife Reserve.
Temuan Baru

Selama ini dalam pengetahuan kita, sungai amazon menjadi sungai terluas di dunia karena alirannya yang memang sangat panjang. Tetapi bukan berarti sungai amazon menjadi salah satu sungai terluas, sebab baru-baru ini telah ditemukan sungai yang dinobatkan menjadi sungai terluas di dunia yakni sungai Rio De La Plata yang ada di wilayah Amerika Selatan. Sungai Rio de la Plata awalnya terbentuk dari pertemuan dua sungai yaitu sungai Uruguay dan sungai paran, sungai Rio de la Plata memiliki lebar atau luas mencapai 140 mil.

Lembah sungai Rio de la Plata juga menjadi tempat favorit bagi penduduk sekitar untuk tinggal. Karena survei menunjukkan, paling banyak penduduk dari negara-negara Amerika Selatan memang tinggal di lembah Rio de la Plata. Panjang sungai rio de la palata ini mencapai 180 mil dan membentuk perbatasan Argentina dan Uruguay. Pada bagian dalam sungai tercatat lebarnya mencapai 1,2 mil saja tetapi jika bergerak keluar maka lebarnya meningkat menjadi 140 mil atau 220 km di bagian mulutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *