Keindahan Obyek Wisata Taman Bawah Laut Bunaken

Pulau Bunaken

Keindahan taman bawah laut Bunaken sudah sangat terkenal. Setiap tahun, tempat ini ramai dikunjungi para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pulau Bunaken

Pulau Bunaken adalah sebuah pulau kecil yang ada di bagian utara Pulau Sulawesi. Luasnya hanya berkisar 8,08 km2 saja. Secara administratif, Pulau Bunaken masuk ke dalam wilayah propinsi Sulawesi Utara. Jika ingin berkunjung ke pulau ini, Anda hanya perlu menempuh kurang lebih setengah jam perjalanan dengan speedboat.

Loading...

Keindahan Pulau Bunaken sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pulau-pulau kecil lainnya di Indonesia. Daya tarik Bunaken adalah pada keindahan taman bawah laut Bunaken. Konon daerah ini merupakan daerah yang memiliki keanekaragaman biodiversitas kelautan tertinggi di dunia.

Walau mengemban nama Bunaken, obyek wisata taman bawah laut Bunaken tidak hanya terdapat di sekitar pulau itu saja. Selain Pulau Bunaken, ada 4 pulau lainnya yang termasuk dalam obyek wisata taman bawah laut Bunaken. Keempat pulau tersebut adalah Pulau Manado Tua, Pulau Siladen, Pulau Naen dan Pulau Mantehage. Bahkan Pulau Mantehage memiliki beberapa gugusan pulau kecil di sekitarnya.

MENARIK:  Benua Atlantis Menurut Al-Quran

Menyelam di Taman Bawah Laut Bunaken

Keindahan obyek wisata ini terdapat di bawah laut, tentu saja  menyelam adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menikmati keindahannya. Bahkan tempat ini juga menjadi salah satu impian para penyelam dunia. Ada sekitar 20 titik penyelaman di Bunaken. Semuanya memiliki tingkat kesulitan dan kedalaman yang berbeda. Di sekitar Pulau Bunaken, ada sekitar 12 titik penyelaman dengan posisi berjajar dari tenggara hingga barat laut pulau. Tempat ini menjadi salah satu tempat favorit penyelaman.

Para penyelam dapat menikmati keindahan karang-karang raksasa. Karang-karang tersebut memiliki kemiringan hingga menyerupai suatu hanging wall. Tidak itu saja, ada sekitar 200 jenis ikan yang menemani penyelam di taman bawah laut Bunaken.

MENARIK:  Penjelasan Tentang Kehebatan Nabi Sulaiman Yang Bisa Mengerti Bahasa Semut

Snorkeling dan Kotak Kaca

Jika Anda tidak bisa berenang, masih ada cara lain menikmati keindahan taman bawah laut Bunaken. Anda bisa berenang dan menikmati keindahan bawah laut dengan bantuan alat snorkeling. Alat selang berbentuk huruf J ini dengan pelindung mulut di bagian bawah dapat membantu Anda untuk berenang dan menyelam di permukaan. Sebuah masker selam digunakan untuk melindungi mata. Pemandangan bawah air dapat Anda nikmati dengan cara berenang sambil menghadapkan wajah Anda ke bawah.

Jika tidak bisa berenang, Anda tidak perlu berkecil hati. Masih ada satu cara menikmati keindahan taman bawah laut Bunaken, yaitu dengan menggunakan bantuan kotak kaca. Biasanya tersedia di dasar perahu atau speedboat yang digunakan di Bunaken. Fungsi kotak kaca ini membantu para wisatawan menikmati keindahan taman bawah laut Bunaken dari atas kapal.

MENARIK:  Situs Gunung Padang Lebih "Subtle" Dibandingkan Gunung Sadahurip

Cara ini memang memiliki keterbatasan, dibanding cara menyelam atau berenang. Namun, apa boleh buat. Memang cara itu adalah cara termudah dan teraman. Kalau Anda mau, sebelum berkunjung ke Bunaken, ada baiknya Anda latihan menyelam atau berenang terlebih dahulu.

KOMENTAR untuk “Keindahan Obyek Wisata Taman Bawah Laut Bunaken

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *