Ramadhan Bulan Berkah

Ramadhan Bulan BerkahSalah satu keistimewaan bulan ramadhan adalah bulan yang digelari syahr al-mubarak, bulan penuh berkah. Berkah berasal dari kata al-baraqah artinya pertumbuhan ( al-nama ) dan pertambahan ( al-ziyadah ), sedangkan kata al-tabrik artinya mendoakan orang untuk mendapatkan berkah. Sedangkan tabarruk adalah istilah untuk meraup berkah. Kata berkah selanjutnya dimaknai dengan kebaikan yang banyak. Orang yang mendapatkan berkah berarti mendapatkan kebaikan atau bertambahnya kebaikan dari pekerjaan.emoga A

Kata berkah juga dijumpai dalam al-Qur’an. Seperti apada Q.S. al-isra: 1 ” Maha suci ALLAH, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya.

Ulama menafsirkan kata berkah pada ayat tersebut dengan adanya masjidil Aqsha, negeri di turunkannya nabi-nabi ALLAH. Ibnu Katsir menafsirkan berkah dengan kesuburan tanahnya dan melimpahnya buah-buahan. Ada juga yang mengartikan berkah oada ayat di atas dengan banyaknya orang mati syahid dalam membela dan mempertahankan mesjid Al-Aqsha. Semua penafsiran mengandung makana baik, bertambah dan langgengnya kebaikan.

Loading...
MENARIK:  Kitab Henokh Kunci Misteri Peradaban Awal

Sebelum makan disunnahkan membaca do’a. Kandungan do’a yang kita baca adalah meminta agar ALLAH memberkahi rezeki yang didapat. Artinya kita meminta agar makanan itu mendatangkan dua kebaikan, kuantitas dan kualitas. Kebaikan dari sisi kualitas, yaitu harapan semoga ALLAH MEMBERI KEBERKAHAN DENGAN MENAMBAHKAN dan mencukupkan selalu rezeki yang di butuhkan.

Sedangkan kebaikan dari sisi kualitas, yaitu harapan semoga menjadi sarana perbaikan untuk kualitas tubuh dan ibadah kita. Semoga dengan makanan itu akan menjadikan tubuh menjadi kuat, sehat dan terjaga dari brbagai penyakit, jiwa terasa lebih ringan untuk melakukan kerja-kerja yang bermanfaat bagi manusia, tubuh menjadi luwes bergerak melaksanakan ibadah.

Ramadhan menjadi istimewa dari 11 bulan lainnya karena disifatkan sebagai bulan berkah. Di antara keberkahan yang dimiliki adalah; bulan ramadhan ditetapkan ALLAH sebagai bulan melaksanakan puasa wajib selama satu bulan lamanya, di bulan ramadhan terdapat kewajiban zakat fitrah, di bulan ramadhan Al-Qur’an pertama kali diturunkan, di bulan ramadhan terdapat bulan istimewa, malam lailatul qadr yang kualitasnya lebih baik dari seribu bulan, hanya di bulan ramadhan ada shalat sunnat tarawih, di bulan ramadhan pulalah Rasulullah menjaminkan setan-setan terbelenggu.

MENARIK:  Menyelusuri Komunitas Muslim Dari Bani Israil

Jika bulan ramadhan dinamai bulan penuh berkah, itu berarti ramadhan adalah bulan yang penuh kebaikan, bulan yang ideal untuk menambah kebaikan. Seluruh waktu di bulan ramadhan baik siang dan malamnya menyediakan kebaikan. Maka siapa yang berada di dalamnya, ia akan mendapatkan aliran energi kebaikan ramadhan. Hati, ucapan dan seluruh aktivitasnya berhiaskan kebaikan. Maka berbahagialah orang yang mendapatkan berkahnya bulan ramadhan. Ramadhan, saatnya berbagi kebaikan, momentum berbagi kebersamaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *