Lima Blue Hole Paling Mengagumkan di Dunia

Bayangkan Anda diving, atau sekadar berenang di lubang biru yang sangat dalam seperti tak berdasar. Lubang biru alias blue hole ini terdapat di beberapa negara. Berikut 5 blue hole yang paling menakjubkan.

Kalau dilihat dari angkasa, blue hole adalah lubang berwarna biru tua di tengah perairan biru muda. Ini adalah fenomena alam di mana sebuah gua atau palung vertikal dipenuhi air. Beberapa blue hole ratusan meter dalamnya, ada juga yang terhubung dengan gua dan terowongan bawah laut yang misterius.

Mengutip Atlas Obscura, berikut 5 blue hole paling menakjubkan di dunia:

Loading...

1. Great Blue Hole, Belize

Great Blue Hole, Belize

Ini adalah blue hole paling besar, sekaligus yang paling terkenal di dunia. Great Blue Hole di pesisir Belize punya kedalaman 124 meter dan lebar 299 meter. Blue hole ini bagaikan titik biru tua raksasa di tengah perairan Belize.

Dikelilingi koral, Great Blue Hole terbentuk saat permukaan air runtuh dan membentuk gua vertikal. Tak sedikit penyelam profesional yang penasaran dan memasuki ‘dunia biru’ di Great Blue Hole. Rasanya, seperti masuk ke alam lain.

MENARIK:  Tinjauan Filosofis Satrio Piningit

2. Dean’s Blue Hole, Kepulauan Bahama

 Dean's Blue Hole, Kepulauan Bahama

Mau coba diving di blue hole terdalam sedunia? Datanglah ke Long Island di Kepulauan Bahama. Dean’s Blue Hole seperti lubang biru sedalam 202 meter, nyaris dua kali lipat kedalaman rata-rata blue hole yakni 109 meter.

Menyelam makin dalam, blue hole ini melebar dari 24 meter menjadi 100 meter. Satu-satunya manusia yang mencatat rekor free diving di sini adalah William Trubridge. Dia mencapai kedalaman 100 meter hanya dalam 1 nafas. November tahun lalu, penyelam Nicholas Mevoli meninggal saat mencoba memecahkan rekor tersebut.

3. Red Sea Blue Hole, Mesir

Red Sea Blue Hole, Mesir

Meski tak begitu terkenal seperti dua blue hole sebelumnya, Red Sea Blue Hole di Dahab, Mesir telah merenggut banyak nyawa. Blue hole ini disebut-sebut sebagai ‘Diver’s Cemetery’ alias ‘kuburan penyelam’.

Diperkirakan, sedikitnya 40 penyelam meninggal di kedalaman Red Sea Blue Hole. Beberapa pihak bahkan mengatakan, jumlah aslinya mencapai dua kali lipat.

MENARIK:  Hubungan Antara Arab-India dan Islam-Hindu

Meski begitu, tak sedikit penyelam yang penasaran memasuki blue hole sedalam 140 meter tersebut. Ada terowongan khusus dari koral yang menghubungkan blue hole ini dengan permukaan air.

4. Azure Window, Malta

Azure Window, Malta

Azure Window di Dwerja, Malta adalah gerbang alam setinggi 99 meter yang menjulang di atas blue hole. Azure Window terletak di Gozo, salah satu pulau di Malta.

Dua fenomena alam ini, Azure Window dan blue hole di bawahnya, menjadikan lokasi ini sangat populer di kalangan turis. Apalagi dunia bawah laut blue hole ini merupakan salah satu yang tercantik. Aneka biota laut terdapat di sini, dari kuda laut sampai gurita.

Untuk memasuki blue hole di sini, turis harus memasuki gua sepanjang 80 meter yang menghubungkan 2 gua kapur bawah air. Indah!

5. Santa Rosa Blue Hole, AS

Santa Rosa Blue Hole, AS

Santa Rosa Blue Hole, AS

Siapa sangka, turis bisa menemukan blue hole di tengah-tengah kota. Inilah Santa Rosa Blue Hole, yang terletak di Kota New Mexico, AS.

MENARIK:  Paparan Singkat Hasil Penelitian di Gunung Padang

Blue hole ini terletak di Route 66. Sebuah kolam berisi air biru jernih terletak di tengah jalan. Kedalaman awal kolam ini hanya 24 meter, namun itulah awal dari gua bawah airnya.

Sampai saat ini, masih belum jelas banyaknya gua beserta kedalaman blue hole ini. Pada 1976, dua penyelam hilang saat berusaha menjelajahi Santa Rosa Blue Hole. Masih banyak terowongan bawah air yang belum ditemukan. Meski tetap saja, banyak turis dan siswa sekolah yang berenang di permukaannya tanpa mengetahui kedalaman sebenarnya.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *