Beragam Pantai yang Mempesona di Gunung Kidul

Pesona alam Yogyakarta akan membutuhkan waktu lama bagi Anda untuk menelusurinya satu persatu. Di Kabupaten Gunung Kidul, atapnya Yogyakarta saja memiliki 11 pantai indah yang siap menyambut Anda untuk menikmati keindahannya.

Sebagai kawasan wisata, sepertinya DI Yogyakarta tahu betul bagaimana cara memanjakan pengunjungnya. Destinasi dan fasilitas untuk wisatawan lengkap tersedia di sini.

Dari 5 kabupaten di DI Yogyakarta, Gunung Kidul mungkin merupakan salah satu yang paling tersohor. Berada di selatan Yogyakarta, kabupaten ini sangat kaya akan panorama pantainya. Berikut adalah 11 pantai cantik di Gunung Kidul Yogyakarta:

Loading...

1. Pantai Sundak

Pantai Sundak

Pantai Sundak di Desa Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul, punya legenda. Nama Sundak konon berasal dari perkelahian antara anjing yang dalam bahasa Jawa adalah asu dan landak. Maka kemudian, kedua binatang tersebut disingkat menjadi Sundak.

Terlepas dari legendanya, Pantai Sundak memiliki pemandangan alam yang sangat cantik. Maka tak heran jika belakangan pantai ini menjadi wisata alam unggulan di Kabupaten Gunung Kidul. Kolaborasi antara pasir putih yang landai dan air laut yang jernih membuat daya tarik pantai ini.

Berjalan menyusuri pantai menjadi kegiatan wajib di sini. Anda akan disuguhkan oleh bukit – bukit kapur yang eksotis dan sering digunakan sebagai lokasi pemotretan. Pantai Sundak juga memiliki gua dengan sumur mata air tawar yang menjadi sumber mata air penduduk sekitar.

2. Pantai Krakal

Pantai Krakal

Pantai Krakal memiliki ombak yang ganas khas pantai selatan, tapi punya pemandangan yang indah. Pantai ini tidak jauh dari Wonosari, ibukota Gunung Kidul. Letaknya bersebelahan dengan Pantai Sundak yang terkenal dengan keindahan batu karangnya.

Pantai Krakal tergolong sebagai pantai yang landai. Pasir putihnya yang bersih juga menjadi daya tarik pantai ini. Belum lagi batu – batu karang yang eksotis, membuat pemandangan cantik Pantai Krakal makin lengkap.

Walaupun tidak sebesar ombak di pantai lainnya, Pantai Krakal sudah mulai diserbu oleh para surfer. Mereka yang datang biasanya merupakan surfer pemula yang baru belajar menaklukkan ombak.

3. Pantai Wediombo

Pantai Wediombo

Bagi Anda yang hobi memancing, membeli ikan di Pantai Sadeng sepertinya menjadi hal yang membosankan. Pastinya Anda lebih memilih untuk memancing ikan sendiri, karena bisa lebih memberi kepuasan. Datang saja ke Pantai Wediombo di Jepitu, Girisubo, Gunung Kidul.

Di pantai ini, Anda bisa memancing dari atas bukit karang. Ikan di sini memang terkanal sangat besar, tapi bukan hal yang mudah untuk mendapatkannya. Untuk mencapainya, Anda harus berjalan sekitar 1 jam dari Pantai Wediombo.

Selain memancing, tentunya Anda bisa menikmati pemandangan yang sangat indah. Air lautnya sangat jernih, tidak seperti pantai lain yang berwarna kehijauan akibat tercemar. Pasir pantainya landai dan putih lembut. Liburan menyenangkan sudah pasti bisa Anda dapatkan di pantai ini.

4. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Siapa yang bisa bosan untuk mengunjungi Pantai Indrayanti? Pantai cantik di Gunung Kidul ini perlahan mulai menjadi objek tujuan utama wisatawan. Pantai Indrayanti sangat ramai, seperti Pantai Kuta di Bali. Apa lagi sekarang sudah banyak pedagang yang menjual makanan dan tenda berwarna – warni untuk para pengunjung yang ingin bersantai di pinggir pantai.

Di sudut lain pantai, terdapat tebing tinggi yang juga menawan. Ternyata ini merupakan spot favorit penikmat pemandangan pantai. Suasana pantai yang ramai dan birunya laut terlihat cantik dari atas tebing.

5. Pantai Sadeng

 Pantai Sadeng

Mungkin Anda belum cukup kenal dengan nama Pantai Sadeng. Pantai ini memang belum banyak dikunjungi wisatawan, karena lebih dikenal sebagai tempat pelelangan ikan. Tapi, bukan berarti Pantai Sadeng tidak memiliki pesona.

Di sepanjang pantai berjejer perahu nelayan yang didominasi dengan warna biru terang. Pemandangan makin cantik berkat batu – batu kapur yang ada di sebelah kanan dan kiri pantai. Selain menjadi destinasi wisata pantai, tentu saja Pantai Sadeng bisa menjadi alternatif pilihan jika Anda ingin berbelanja bahan makanan hasil laut.

6. Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang

Banyak yang mengatakan Pantai Sepanjang adalah Pantai Kuta tempo dulu, sepi dan belum ramai pengunjung. Pantai yang berada di Desa Kemadang, tidak jauh dari Pantai Sundak ini memiliki batu – batu karang yang eksotis.

Nama Sepanjang diambil karena kawasan ini merupakan pantai terpanjang yang ada di Gunung Kidul. Alamnya masih sangat alami. Airnya yang jernih sangat cantik saat menghempas karang – karang yang kokoh. Jangan lupa siapkan kamera Anda untuk mengabadikan semua momen indah saat berlibur di Pantai Sepanjang.

7. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran merupakan pantai yang sangat indah. Saat air laut sedang surut, Anda bisa menyaksikan hijaunya tumbuhan alga atau rumput laut yang tumbuh alami di pesisir pantai. Pemandangan semakin lengkap saat sore menjelang. Sunset yang memancarkan cahaya kuning keemasan berhasil menyulap Pantai Ngobaran menjadi sangat cantik.

Ada yang unik di pantai yang terletak di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunung Kidul ini, yaitu adanya tempat ibadah dari empat agama yang berbeda. Suasana yang paling jelas terlihat adalah pura dengan patung – patung berwarna putih.

8. Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan

Datang ke Pantai Ngobaran tidak lengkap jika belum datang ke pantai di sebelahnya, yaitu Ngrenehan. Masih di Desa Kanigoro, pantai ini dikelilingi bukit kapur yang menjadi daya tariknya. Pasir pantai yang putih dan air laut yang berwarna hijau kebiruan membuat suasana sangat sempurna. Terlebih, ombak di sini tidak terlalu kencang.

Di sini, kita bisa melihat kegiatan para nelayan dan bahkan bisa menikmati ikan hasil tangkapannya. Di Pantai Ngrenehan memang disediakan rumah makan yang menyuguhkan aneka makanan laut, tentu saja semua hasil melaut para nelayan di pantai ini. Jangan tanya soal rasa, karena Anda pasti akan ketagihan.

9. Pantai Baron

Pantai Baron

Pantai Baron yang terletak kurang lebih 40 km dari Yogyakarta ini menyimpan pesona yang sangat indah. Kontur lembah dan sungai air tawarnya menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan yang datang. Akses jalan menuju Pantai Baron tidaklah sulit untuk dijangkau. Bisa dibilang, infrastruktur masuk ke wilayah ini sangat baik.

Pantai ini menebar pesona lewat kontur lembah di kanan kiri bibir pantai. Di sebelah kanan, pengunjung bisa melihat sungai air tawar yang bermuara langsung menuju laut. Pasir pantainya yang putih menghampar, membuat siapa saja betah berlama – lama di sini.

10. Pantai Siung

Pantai Siung

Pantai Siung terletak di Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Berjarak 70 km dari pusat kota, perjalanan menuju pantai ini cukup jauh dan melelahkan. Jalanan yang berliku dan naik turun akan menghabiskan waktu sekitar 2 jam. Setibanya di sana, rasa lelah akan hilang seketika saat melihat pantainya.

Pasirnya putih bersih, lautnya biru, dan udara sejuk akan menyambut Anda. Bagi Anda para fotografer, keindahan ini sangat menggoda dan harus diabadikan dalam kamera. Pantai Siung memang menjadi destinasi yang menarik di kawasan Gunung Kidul.

Bagi Anda para penantang adrenalin, tebing – tebing di Pantai Siung sangat menarik untuk ditaklukan. Batuan di tebing ini berjenis batuan kapur dengan tinggi tebing tertinggi mencapai 15 meter!

11. Pantai Jungwok

Pantai Jungwok

Selain kesepuluh pantai yang sudah terkenal di Gunung Kidul, kabupaten ini ternyata masih punya pantai lainnya yang tidak kalah cantik, Pantai Jungwok. Namanya mungkin akan sangat asing terdengar. Tapi begitu Anda menyaksikan pemandangannya, pasti tak akan pernah lupa dengannya.

Anda pasti tidak akan percaya jika pantai ini berada di Gunung Kidul, sebab pemandangannya seakan membuat Pantai Jungwok berada di pelosok. Pantai ini masih sangat bersih, bahkan bisa dikatakan masih perawan. Jelas saja, pantai yang terletak di Gunung Kidul, ini aksesnya memang cukup sulit.

Wisatawan harus menyusuri ladang milik penduduk sekitar yang cukup melelahkan. Akan tetapi, pemandangan yang indah pasti membuat perjalanan tidak akan terasa jauh. Alamnya sangat asri, penduduk sekitar juga ramah menyapa tiap wisatawan.

Sesampainya di Pantai Jungwok, Anda langsung disambut dengan batu karang yang menjulang tinggi. Warna hitamnya membuat batu tersebut terlihat sangat kokoh walaupun ombak besar selalu menerjang. Kecantikannya cocok untuk dijadikan destinasi saat Anda mengunjungi Yogyakarta nanti.

MENARIK:  Sejarah Letusan Gunung Kelud

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *