Contoh Teks Eksposisi

Teks EksposisiKEAJAIBANDUNIA.WEB.ID – Saat ini banyak sekali anak sekolah yang mencari informasi tentang contoh teks eskposisi.

Sebagai panduan, kita mesti mengetahui dengan benar definisi dari eksposisi ini. Eksposisi adalah karangan yang bertujuan untuk menginformasikan tentang sesuatu sehingga dapat memperluas pengetahuan pembaca.

Karangan dan teks eksposisi bersifat ilmiah atau nonfiksi. Sumber karangan eksposisi ini dapat diperoleh dari hasil pengamatan, penelitian atau pengalaman.

Loading...

Teks eksposisi tidak selalu terbagi atas bagian-bagian yang disebut pembukaan, pengembangan, dan penutup.  Hal ini sangat tergantung dari sifat karangan dan tujuan yang hendak dicapai.

Secara umum, teks eskposisi terdiri atas 3 struktur, yaitu pernyataan pendapat (tesis), argumentasi dan penegasan ulang pendapat awal. Dalam kerangka paragraf eksposisi, kita bisa menjumpai struktur seperti berikut ini:

1. Pernyataan pengantar (general statement)

Pernyataan pengantar biasanya bertujuan untuk mengidentifikasi proses, hal atau fenomena yang akan dijelaskan. Identifikasi biasanya akan dimulai dengan jawaban atas peryataan umum.

2. Serangkaian argumen

Dalam bagian ini penulis memaparkan serangkaian atau urutan mengapa peristiwa atau fenomena yang disebutkan pada pernyataan pengantar bisa terjadi.

3. Penegasan ulang pendapat

Pada sesi ini penulis mengakhiri penjelasan dengan meringkas poin utama yang timbul, semacam kesimpulan argumen sebelumnya.

Dalam proses membuat teks eksposisi, ada beberapa kaidah yang perlu diperhatikan, antara lain:

  1. Menjelaskan pendapat
  2. Memerlukan fakta untuk pembuktian berupa data
  3. Menggali sumber ide dari pengamatan, pengalaman, dan penelitian
  4. Penutup berisi kesimpulan argument atau penegasan pendapat
  5. Tidak menekankan pada emosi dan unsur subjektif
  6. Menggunakan bahasa secara baik dan benar, efektif, dan tidak menimbulkan salah penafsiran.
MENARIK:  Contoh Sajak dan Puisi Bahasa Bali

Karakteristik Teks Eksposisi

Karangan teks eksposisi dapat dikenali dengan melihat karakter-karakter berikut ini:

Penggunaan Pronomina: Pronomina ini biasanya digunakan dalam menyatakan pendapat. Pronomina yang sering digunakan seperti kita, kami, dan saya. Terlebih kata pronomina saya banyak digunakan ketika menyatakan pendapat pribadi.

Menggunakan konjungsi: Konjungsi yang banyak digunakan adalah “pada kenyataannya”, “kemudian”, dan “lebih lanjut”. Konjungsi tersebut digunakan untuk menghubungkan fakta-fakta supaya fakta-fakta yang disajikan runtut.

Argumentasinya satu sisi: Yaitu sisi yang mendukung atau sisi yang menolak.

Contoh Teks Eksposisi

Di bawah ini adalah salah satu contoh teks eksposisi dalam bidang ekonomi. Anda bisa mencari contoh teks eksposisi dengan topik dan tema lainnya di internet.

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Positif

Di tengah kondisi dunia yang sedang krisis, pertumbuhan ekonomi Indonesia mencatat hasil positif. Pertumbuhan ekonomi triwulan kedua tahun ini mencapai 6,4 persen dibandingkan dengan periode sama tahun lalu. Konsentrasi pertumbuhan tetap terpusat di Pulau Jawa dengan angka 57,5 persen.

Secara kumulatif, pertumbuhan ekonomi Indonesia semester I-2012 lebih baik dibandingkan dengan semester I-2011 yang tumbuh sebesar 6,3 persen.Namun, menurut pengamat ekonomi Indonesia for Global Justice, Salamuddin Daeng, pertumbuhan ekonomi Indonesia tergolong anomali.

Alasannya karena pertumbuhan ekonomi tidak diikuti peningkatan kesejahteraan masyarakat.Ada empat faktor, kata Daeng, yang membuat pertumbuhan ekonomi anomali. Pertama, ekonomi Indonesia digerakkan oleh utang luar negeri yang angkanya terus naik. ”Utang Indonesia terakumulasi mencapai Rp 2.870 triliun.

Utang luar negeri bertambah setiap tahun. Utang selanjutnya menjadi sumber pendapatan utama pemerintah dan menjadi faktor pendorong pertumbuhan ekonomi,” paparnya.Kedua, pertumbuhan ekonomi didorong oleh peningkatan konsumsi masyarakat yang bersumber dari naiknya harga sandang dan pangan, serta ditopang dari pertumbuhan kredit khususnya kredit konsumsi.

Faktor ketiga, pertumbuhan ekonomi didorong ekspor bahan mentah, seperti bahan tambang, migas, hasil perkebunan dan hutan, sehingga tidak banyak menciptakan nilai tambah dan lapangan pekerjaan. Terakhir, pertumbuhan ekonomi didorong oleh investasi luar negeri yang membuat sumber daya alam kian dikuasai asing.

Pengamat ekonomi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, A Tony Prasetiantono menyatakan, sektor domestik mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. ”Transmisi krisis global melalui penurunan ekspor dan defisit neraca perdagangan baru akan terasa pada kuartal ketiga dan keempat tahun ini. Lagi pula, kontribusi ekspor terhadap PDB tidak besar,” kata Tony.

Hal senada disampaikan ekonom Mirza Adityaswara. Sejumlah sektor ekonomi dalam negeri tumbuh karena didorong oleh suku bunga rendah yang tampak dari tumbuhnya kredit 26-28 persen (tahunan) sekaligus didorong oleh harga bahan bakar minyak (BBM) yang rendah karena masih disubsidi.

”Maka dari itu, pertumbuhan tinggi dialami sektor yang berorientasi dalam negeri, seperti perdagangan, manufaktur, otomotif, transportasi, komunikasi, dan konstruksi,” kata Mirza. Dia menambahkan, akibat pertumbuhan tinggi sektor yang berorientasi dalam negeri, kecenderungan defisit neraca perdagangan akan semakin besar.

Menurut Tony, belanja pemerintah yang lebih cepat dan besar juga cukup membantu pertumbuhan. Seiring hal itu, inflasi yang terkendali di bawah 5 persen cukup membantu, meski hal tersebut ada efeknya, yaitu subsidi energi terus membengkak yang sebenarnya cenderung tidak sehat.

Demikianlah contoh paragraf eksposisi di bidang ekonomi ini. Semoga bermanfaat untuk Anda.

2 KOMENTAR untuk “Contoh Teks Eksposisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *