Contoh Karangan Argumentasi

Contoh Karangan ArgumentasiKEAJAIBANDUNIA.WEB.ID – Contoh karangan argumentasi juga tidak ketinggalan menjadi buruan anak-anak sekolah untuk menyelesaikan pekerjaan rumah mereka beberapa hari terakhir.

Sebenarnya, karangan argumentasi adalah salah satu jenis pengembangan paragraf dalam penulisan yang ditulis dengan tujuan untuk meyakinkan atau membujuk pembaca.

Karena itu, dalam setiap karangan argumentasi isi dapat berupa penjelasan, pembuktian, alasan, maupun ulasan obyektif dimana disertakan contoh, analogi, dan sebab akibat. Karangan argumentasi bertujuan agar pembaca yakin dan percaya bahwa ide, gagasan, atau pendapat penulis adalah benar dan terbukti.

Loading...

Dalam sebuah karangan atau paragraf argumentasi, penulis biasanya mengemukakan pendapat yang disertai dengan penjelasan serta alasan yang kuat agar pembaca dapat dipengaruhi dengan apa yang ingin penulis jelaskan.

Sebagai informasi, karangan argumentasi biasa disebut juga sebagai karangan persuasi atau rayuan. Karangan persuasi lebih berbentuk membujuk atau meyakinkan pembaca pada satu perihal atau objek dengan memakai kajian serta uraian yang menjelaskan alasan-alasan tertentu tentang ide penulisnya.

MENARIK:  Pengertian dan Contoh Bentang Alam

Biasanya sebuah karangan argumentasi menyajikan sebagian fakta untuk pembuktian berbentuk data akurat, gambar atau grafik, serta lain sebagainya. Tujuannya untuk melacak serta mendapatkan sumber ide dari data-data tersebut.

Nah, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ketika membuat karangan argumentasi antara lain:

  • Senantiasa harus berpikir dengan sehat, kritis, serta logis
  • Selalu elacak, menghimpun, menentukan fakta yang sesuai dengan tujuan serta tema, dan dapat merangkaikan untuk menunjukkan kepercayaan atau pendapat
  • Hindari menggunakan emosi serta unsur subjektif lainnya
  • Gunakan bahasa dengan baik serta benar, efisien, serta tidak menyebabkan salah penafsiran dari pembaca.

CONTOH KARANGAN ARGUMENTASI

Di bawah ini adalah beberapa contoh karangan argumentasi yang bisa Anda baca dengan seksama:

Kesuburan Tanah

Mempertahankan kesuburan tanah merupakan syarat mutlak bagi tiap-tiap usaha pertanian. Selama tanaman dalam proses menghasilkan, kesuburan tanah ini akan berkurang.

Padahal kesuburan tanah wajib diperbaiki kembali dengan pemupukan dan penggunaan tanah itu sebaik-baiknya. Teladan terbaik tentang cara menggunakan tanah dan menjaga kesuburannya dapat kita peroleh pada hutan yang belum digarap petani.

Kesuburan tanah sangat berpengaruh terhadap kesuburan tanamanbagi para petani. Tak hanya baik bagi kesuburan tanah tapi juga akan memperbaiki kualitas dari tanaman sehingga akan mampu menghasilkan niali rupiah yang baik bagi petani.

Selain contoh di atas, berikut juga kami sajikan contoh lain dari karangan atau paragraf argumentasi:

Bahasa Indonesia

Pemakaian bahasa Indonesia di seluruh daerah di tanah air dewasa ini belum bisa dikatakan seragam. Perbedaan dalam struktur kalimat, lagu kalimat, ucapan kalimat terlihat dengan mudah.

Pemakaian bahasa Indonesia sebagai bahasa pergaulan, sering dikalahkan oleh bahasa daerah. Di lingkungan persuratkabaran, radio dan TV, pemakaian bahasa Indonesia belum lagi dapat dikatakan sudah terjaga baik.

Para pemuka agama dan pejabat pemerintahan di negara kita pun pada umumnya juga belum memperlihatkan penggunaan bahasa Indonesia yang terjaga baik. Fakta-fakta di atas menunjukkan bahwa pengajaran bahasa Indonesia perlu lebih ditingkatkan lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *