Patung Budha Mancanegara

KEAJIABANDUNIA.NET – Patung Budha (Buddha) di mancanegara menarik perhatian turis internasional. Selain di Indonesia, patung Budha juga tersebar pada sejumlah negara di Asia, seperti India, Hongkong, Thailand dan Srilanka. Selain itu, patung Budha juga bisa ditemukan di Jepang dan Cina.

Sebaran patung Budha di sejumlah negara di Asia ini menunjukkan begitu besarnya pengaruh Budha dalam sejarah peradaban manusia Asia. Di negara-negara yang disebutkan tadi, termasuk di Indonesia, penganut ajaran Budha cukup banyak dan terus berkembang mengikuti zaman.

Selain di Asia, patung Budha juga pernah ditemukan di sisi sebuah jurang di lembah Bamiyan, di tengah Afganistan. Menurut catatan Wikipedia, lokasi patung Budha tersebut berada kurang lebih 230 km arah barat laut Kabul pada ketinggian 2500 meter.

Loading...

Kemungkinan besar patung-patung Budha ini dibuat pada sekitar abad ke-5 atau ke-6. Jika diperhatikan dengan seksama, patung-patung Budha yang bertebaran di sepanjang lembah Bamiyan ini merupakan perpaduan klasik antara seni gaya Yunani dan seni Budha.

MENARIK:  Mahdawiyah Menurut Wahabi

Sebagai catatan, patung Budha di lembah Bamiyan ini dianggap sebagai salah satu yang tertua di dunia. Lembah Bamiyan terletak di Jalur Sutra yang menghubungkan Tiongkok dan India dengan dunia barat sehingga sangat mendukung perkembangan Bamiyan menjadi pusat agama dan filsafat kala itu.

Bamiyan merupakan salah satu pusat Budha yang besar sejak abad ke-2 SM hingga mulai masuknya Islam ke lembah ini pada abad ke-9. Pada zaman itu, para bhiksu di biara-biara tinggal sebagai pertapa di gua-gua kecil yang dibuat di tepi-tepi tebing sepanjang lembah Bamiyan. Dari lembah Bamiyan ini ajaran Budha menyebar hingga ke daerah lain di Asia.

PATUNG BUDHA MANCANEGARA

Peninggalan Budha berupa patung-patung Budha bisa kita jumpai di sejumlah negara di Asia. Berikut ini adalah beberapa patung Budha mancanegara yang bisa kita saksikan saat ini.

MENARIK:  Bani Israel dan Asal Usul Yahudi

Patung Budha Hussain Sagar di India

Patung Budha Hussain Sagar

Patung Budha ini berada di tengah-tengah sebuah danau buatan di kota Hyderabad, India. Patung setinggi 17 meter dan seberat 320 ton ini merupakan patung monolitik terbesar di India, yang dipahat oleh para seniman hanya dari sebongkah batu besar.

Patung Budha Tian Tan di Hongkong

Patung Budha Tian Tan di Hongkong

Terletak di Pulau Lantau, Hong Kong, patung Buddha Tian Tan terbuat dari perunggu dengan tinggi 34 meter dan selesai dibangun pada tahun 1993. Patung ini merupakan daya tarik utama dari Vihara Po Lin, simbol harmonisasi antara manusia, alam, masyarakat dan agama.

Patung Budha ini dinamakan Tian Tan karena bagian bawahnya merupakan replika dari Kuil Tian Tan (Kuil Surga) di Beijing. Patung ini dibuat dengan sikap duduk dengan postur yang melambangkan ketenangan.

MENARIK:  Keajaiban Kota Masa Depan di Langit

Patung Budha Monywa di Myanmar

Patung Budha Monywa di Myanmar

Patung Budha Monywa Buddha (Monywa Buddha) merupakan patung Budha berbaring terbesar di dunia. Patung ini memiliki total panjang 90 meter. Kepala patung ini memiliki tinggi 60 kaki. Dibuat tahun 1991 dengan konstruksi yang berlubang di dalamnya, Patung Buddha Monywa ini ramai akan pengunjung setiap harinya.

###

Masih banyak patung Budha lain di sejumlah negara Asia yang tidak sempat kami publikasikan di sini. Bagaimana pun, kehadiran patung Budha di sejumlah negara Asia melambangkan begitu luasnya pengaruh agama Budha dalam sejarah peradaban Asia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *