Contoh Paragraf Persuasi atau Persuasif

Contoh Paragraf PersuasiKEAJAIBANDUNIA.WEB.ID – Contoh paragraf persuasi atau paragraf persuasif adalah salah satu yang dibutuhkan pelajar saat ini.

Mereka dituntut untuk bisa membuat paragraf persuasi dengan mengangkat sejumlah topik seperti bencana alam, banjir, gunung meletus, atau topik lain yang sedang hangat.

Untuk bisa memahami paragraf persuasi, terlebih dahulu kita harus ketahui definisi dan batasan paragraf persuasi itu sendiri. Paragraf persuasi (persuasif) adalah paragraf yang isinya berusaha untuk merebut perhatian pembaca.

Loading...

Paragraf persuasi selalu disajikan secara menarik. Tujuannya adalah untuk meyakinkan pembaca bahwa pengalaman yang disiratkan itu merupakan suatu hal yang amat penting. Karena itu, terkadang paragraf persuasi sering digunakan sebagai alat propaganda atau promosi oleh lembaga kesehatan, pemerintah, dan lain-lain.

Jadi, secara sederhana ciri utama dari sebuah paragraf persuasi adalah informasi yang disampaikan berusaha menarik, meyakinkan, dan merebut perhatian pembaca. Paragraf persuasi dapat berbentuk pidato atau propaganda, tulisan dalam bentuk iklan atau selebaran, serta dalam bentuk elektronik berupa iklan di televisi, video dan bioskop.

MENARIK:  Inilah Cara Illuminati Mengendalikan Pikiran Kita

Jika kita menguasai dengan baik cara membuat paragraf persuasi, tentu akan memberikan sejumlah keuntungan. Selain bisa mengerjakan semua tugas sekolah, secara tidak langsung sebenarnya kemampuan ini juga akan membantu Anda untuk mempengaruhi orang lain sehingga bisa memudahkan urusan sehari-hari di masa mendatang.

CONTOH PARAGRAF PERSUASI (PERSUASIF)

Berikut ini adalah contoh paragraf persuasi yang bisa menjadi referensi Anda. Mudah-mudahan contoh paragraf persuasif ini memberikan inspirasi bagi Anda untuk membuatnya paragraf persuasi dengan tema lainnya.

Rekan-rekan yang saya cintai, marilah pertemuan ini kita petik hikmahnya. Silaturahmi kali ini hendaknya jangan dipergunakan sebagai pelampiasan pelepas rindu semata-mata.

Namun lebih dari itu, jadikan silaturahmi ini sebagai ajang persaudaraan untuk bersama-sama memikirkan, sumbangan apa yang bisa kita berikan pada masyarakat, bangsa, negara, dan agama agar kita senantiasa menjadi orang yang berguna dalam kehidupan di dunia dan diakhirat nanti.

Tentu salah satunya adalah pemikiran untuk ikut serta memberikan sumbangan apa yang patut kita berikan kepada Bapak/Ibu Guru kita tercinta yang telah membekali kita berbagai ilmu pengetahuan. Kepada sekolah kita sebagai lembaga tempat kita menuntut ilmu.

Contoh lain dari sebuah paragraf persuasi tentang banjir adalah sebagai berikut:

Banjir telah menjadi masalah umum masyarakat Jakarta. Banyak sekali kerugian yang diakibatkan oleh bencana alam banjir mulai dari kerugian material dan juga kerugian non material.

Namun perlu kita sadari penyebab banjir sendiri ialah ulah manusia yang selalu merusak alam. Mulai dari penebangan pohon liar , membuang sampah sembarangan sampai mengotori sungai.

Oleh karena itu agar kejadian banjir ini tidak terulang lagi perlu adanya sikap nyata dari kita untuk menjaga lingkungan.

Selanjutnya, Anda bisa mempelajari contoh paragraf persuasi di bidang pertanian berikut ini:

Penggunaan pupuk kimia memang dapat mempercepat pertumbuhan tanaman. Penggunaan pupuk kimia juga dapat memberikan keuntungan yang melimpah bagi petani dari hasil panen.

Tetapi dampak negatif yang ditimbulkan oleh pupuk kimia sangat berbahaya karena dapat menimbulkan pengaruh negatif terhadap lingkungan. Selain itu penggunaan pupuk kimia juga dapat membuat buah yang dihasilkan terkontaminasi dengan pupuk kimia ini sehingga kualitasnya berkurang.

Oleh sebab itulah beralihlah ke pupuk kompos yang murah dan terjangkau juga aman bagi hasil panen.

KOMENTAR untuk “Contoh Paragraf Persuasi atau Persuasif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *