Sejarah Terbentuknya Danau Toba

KEAJIABANDUNIA.NET – Danau Toba di Sumatera Utara menyimpan sejarah luar biasa. Sebagai salah satu danau terbesar dan terluas di Asia Tenggara, danau Toba merupakan salah satu destinasi wisata nasional yang banyak dikunjungi wisatawan setiap tahunnya.

Danau Toba adalah danau vulkanik, terbentuk akibat letusan Gunung Toba 73.000 tahun yang silam. Konon letusan Gunung Toba, gunung berapi paling berbahaya sedunia, menggetarkan seisi dunia kala itu. Akibat letusannya, terbentuklah kawah seluas puluhan kilometer persegi yang kemudian terisi air dan kini dikenal sebagai danau Toba.

Banyak yang kini bertanya apakah gunung berapi Toba ini tetap berpotensi meletus seperti ribuan tahun yang lalu? Jawabannya adalah kemungkinan iya! Sebagai gunung api, Gunung Toba tetap menyimpan potensi meletus meskipun tidak bisa diprediksi kapan waktunya, seperti juga dengan gunung Sinabung yang sudah tidak aktif 400 tahun sebelumnya.

Loading...
MENARIK:  10 Keajaiban Dunia Yang Ada Di Indonesia

Jika Gunung Toba kembali aktif, maka itu adalah bencana terbesar di dunia. Berdasarkan catatan sejarah, Gunung Toba ketika meletus menyebabkan kematian massal pada sejumlah spesies makhluk hidup di sekitarnya dan timbullah masa kepunahan. Debunya beterbangan hingga ke sejumlah negara di Asia, Afrika dan Eropa. Benar-benar letusan yang maha dahsyat kala itu.

Untuk memperjelas bagaimana sejarah terbentuknya danau Toba dan letusan Gunung Toba, simak video tentang letusan gunung Toba dan proses terbentuknya danau Toba di bawah ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *