Pengertian dan Contoh Bentang Alam

Sungai Salah Satu Bentang AlamKEAJAIBANDUNIA.WEB.ID – Pengertian bentang alam adalah suatu unit geomorfologis yang dikategorikan berdasarkan karateristiknya, misalnya elevasi, kelandaian, orientasi, stratifikasi, paparan batuan, dan jenis tanah.

Bentang alam merupakan hasil dari proses kimia maupun fisika yang menyebabkan perubahan bentuk muka bumi karena pengaruh air permukaan. Dengan kata lain, pengertian bentang alam adalah suatu hasil bentukan dari alam tanpa adanya campur tangan manusia.

Sejumlah faktor dapat membentuk dan memengaruhi bentang alam, mulai dari lempeng tektonik hingga erosi dan deposisi. Selain itu, faktor biologi juga dapat memengaruhi bentang alam. Misalnya, peranan tumbuhan dan ganggang dalam pembentukan rawa serta terumbu karang di laut.

Loading...

Istilah-istilah bentang alam tidak hanya dibatasi bagi bentukan di bumi, melainkan dapat pula digunakan untuk menjelaskan bentukan pada permukaan planet dan obyek-obyek lain di alam semesta.

MENARIK:  Negara-Negara Yang Masuk Dalam Gerakan Dajjal

Jenis-jenis bentang alam antara lain adalah sungai, guguk pasir, danau, kipas aluvial, hutan bakau, bukit, lembah, tanjung dan sebagainya. Dalam pembahasan tentang bentang alam ini, kita juga mengenal adanya bentang alam tingkat tertinggi, seperti samudra dan benua.

CONTOH BENTANG ALAM

Beberapa contoh bentang alam yang dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari antara lain, seperti:

1. Sungai

Disebut sebagai bentang alam karena tekstur permukaan seragam dan ronanya gelap pada air jernih dan cerah pada air keruh, makin ke muara ukurannya makin lebar dan menjadi tempat pertemuan umumnya menyudut lancip ke arah aliran sungai.

2. Hutan bakau

Hutan yang tumbuh pada pantai yang becek atau berair payau. Hutan bakau biasanya dihuni oleh pohon yang tingginya seragam, antara 7-13 meter. Dari kejauhan, hutan bakau akan memantulkan rona hitam karena daya pantulnya rendah sekali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *