Ciri Khas Planet Merkurius

Planet MerkuriusKEAJAIBANDUNIA.WEB.ID – Ciri khas planet Merkurius memang ada beberapa yang bisa membedakannya dengan planet lain dalam sistem tata surya kita. Planet Merkurius adalah yang terkecil dalam tata surya dengan diameter kurang lebih 4.879 km.

Merkurius adalah planet yang paling dekat jaraknya dengan Matahari yaitu hanya sekitar 58 juta kilometer. Waktu revolusi planet Merkurius adalah 88 hari dan lama rotasinya 59 hari.

Ciri khas planet Merkurius yang lain adalah hanya bisa terlihat pada saat subuh atau maghrib. Karena itulah, Merkurius dikenal juga dengan nama bintang fajar atau bintang senja.

Loading...

Berdasarkan hasil pemetaan pesawat luar angkasa bernama Mariner 10 pada tahun 1974 sampai 1975, didapatkan ciri-ciri planet Merkurius seperti tanahnya yang sangat gersang, berbatu-batu dan memiliki iklim setengah dingin juga setengah panas.

MENARIK:  Temuan Lengkap Tim Terpadu Riset Mandiri di Gunung Padang

Selain itu, Merkurius memiliki banyak kawah dan tidak mempunyai satelit alami serta atmosfer. Suhu permukaan planet Merkurius berkisar di antara 90 sampai 700 Kelvin atau -180 sampai 430 derajat Celcius. Jadi planet Merkurius kadang-kadang bisa sangat dingin, juga bisa sangat panas.

Massa planet Merkurius adalah 330 x 10 21 kg, sedangkan massa jenis merkurius adalah 5,40 g/cm3. Dari struktur dalam planet Merkurius didapatkan bahwa Merkurius mengandung besi lebih banyak dari planet lainnya di tata surya.

Menurut sejumlah teori, Merkurius pada awalnya mempunyai perbandingan logam-silikat mirip dengan meteor Kondrit umumnya dan mempunyai massa sekitar 2,25 kali massanya yang sekarang.

Namun pada awal sejarah tata surya, planet Merkurius tertabrak oleh sebuah planetesimal berukuran sekitar 1/6 dari massanya. Benturan tersebut telah melepaskan sebagian besar dari kerak dan mantel asli Merkurius dan meninggalkan intinya. Proses yang sama juga telah diajukan untuk menjelaskan penciptaan dari Bulan.

MENARIK:  Teknologi Kuno yang Canggih Warisan Nenek Moyang

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah tabel ciri khas Planet Merkurius:

Ciri Khas Planet Merkurius

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *