Primbon Jawa Ramalan Rejeki Menurut Weton

KEAJAIBANDUNIA.WEB.ID – Primbon Jawa Ramalan Rejeki menurut Weton banyak sekali dicari-cari saat ini. Menurut pengakuan sejumlah orang, perhitungan dan ramalan rejeki menurut Primbon Jawa tersebut dikenal begitu akurat dan bisa diandalkan.

Dalam Kitab Centhini Pupuh, Weton bisa diartikan sebagai hari kelahiran, merupakan gabungan dari Saptawara – tujuh hari dalam seminggu (Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu) dengan lima hari pasaran Jawa (Legi, Pahing, Pon, Wage, Kliwon), dikenal juga dengan Pancawara. Singkatnya, Weton adalah perpaduan antara Saptawara dengan Pancawara.

Tabel Weton Jawa

Loading...

Nah, untuk bisa menilai dan meramal rejeki seseorang, Weton tidak berdiri sendiri. Masih ada Neptu, yaitu nilai yang diberikan pada hari-hari Saptawara dan pada hari-hari pancawara, dengan penjelasan sebagai berikut:

  • Hari-hari Saptawara: Minggu = 5, Senin = 4, Selasa = 3, Rabu = 7, Kamis = 8, Jumat = 6, Sabtu = 9
  • Hari-hari Pancawara: Pon = 7, Wage = 4, Kliwon = 8, Legi = 5, Pahing = 9

Dengan demikian orang yang mempunyai Weton Jumat Paing, seperti yang ditulis di atas, Neptunya adalah 15 (Jumat= 6 dan Paing= 7). Jika si A mempunyai Weton Selasa Legi, maka Neptunya adalah 8 (Selasa= 3 dan Legi=5). Demikian juga perhitungannya untuk orang yang lahir di weton-weton yang lain.

RAMALAN NASIB BERDASARKAN WETON

Nasib manusia cuma ada dua yaitu baik atau buruk. Orang-orang Jawa meyakini bahwa nasib seseorang sangat dipengaruhi oleh Weton-nya, yaitu hari dan pasaran pada saat manusia dilahirkan ke dunia. Intinya, orang Jawa mempercayai bahwa garis kehidupan manusia sudah ditentukan sejak lahir dan tidak ada yang bisa merubahnya.

Untuk bisa mengetahui nasib seseorang berdasarkan Weton, masyarakat Jawa juga menggunakan Angka Keberuntungan. Dalam perhitungan Jawa, angka peruntungan terdiri dari bilangan 1 sampai dengan 7 yang masing-masing memiliki makna yang berbeda:

  • 1 = mati
  • 2 = kekayaan
  • 3 = bertolak belakang
  • 4 = kehilangan
  • 5 = kehormatan
  • 6 = lancar
  • 7 = pegat

Untuk membaca nasib dan meramalkannya, berikut ini adalah panduan perhitungan berdasarkan Primbon Jawa:

1. Weton yang memiliki angka peruntungan 1 adalah JUMAT PON dan RABU KLIWON

Mereka yang terlahir pada Jumat Pon atau Rabu Kliwon bisa mengalami mati dalam pengertian yang luas. Bisa juga berarti kegagalan. Orang dengan weton di atas sering mengalami kendala dalam hidupnya. Keberhasilan hanya mungkin jika mau bekerja keras dan pantang putus asa.

MENARIK:  Keajaiban Fenomena Penggembungan Alam Semesta

Yang sering terjadi adalah mati langkah atau mati pemikiran sehingga nasibnya susah untuk berubah alias jalan ditempat. Terlebih-lebih jika dalam melangkah suka sembrono, maka kegagalan demi kegagalan banyak mewarnai hidupnya.

Yang penting dalam melakukan usaha tidak boleh seenaknya atau grusa-grusu, tapi sebaliknya yaitu harus ekstra hati-hati.
Meskipun bayangan kegagalan selalu menghantui, tapi tidak berarti bahwa hidupnya akan hancur, asalkan mau untuk tetap eling lan waspodo. Artinya eling atau ingat kepada Yang Maha Kuasa ketika rejekinya sedang membaik dan waspada atau hati-hati dalam melangkah dikala rejekinya sedang sulit

2. Weton yang memiliki angka peruntungan 2 adalah SABTU WAGE, JUM’AT KLIWON, SENIN PON, RABU PAHING, KAMIS PON, SELASA PON dan MINGGU PON

Artinya adalah kekayaan dalam pengertian yang luas.

Bisa juga diartikan sebagai keberhasilan. Orang dengan weton diatas termasuk yang beruntung karena jarang atau hampir tidak pernah menemui kendala yang berarti dalam hidupnya.

Usaha yang dilakukan lebih banyak berhasil daripada gagalnya. Kalau mau berusaha lebih keras maka akan menghantarkannya menuju sukses sesuai yang dicita-citakan. Oleh karenannya yang perlu diingat disini adalah harus selalu mensyukuri rejeki yang didapatkan sehingga akan memperoleh nikmat yang lebih.

3. Weton yang memiliki angka peruntungan 3 adalah SELASA KLIWON, MINGGU KLIWON, SABTU LEGI, JUM’AT PAHING, SENIN KLIWON dan KAMIS KLIWON

Artinya adalah bertolak belakang dalam pengertian luas. Kelompok weton dengan angka pengaruh 3 memiliki sifat yang kontradiktif. Misalnya dalam hal pemikiran sering berlawanan dengan pendapat orang lain, sehingga sulit untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan orang lain.

Selain itu dalam melakukan usaha yang terjadi seringnya juga aneh, yaitu jika dilakukan dengan sungguh-sungguh atau serius justru akan menemui kegagalan, tapi kalau hanya sekedar iseng atau main-main malahan berhasil.

MENARIK:  Sejarah Kerajaan Kediri

Boleh dikata ini merupakan kelompok yang paling unik, karena sukses yang dicapai sering bukan dari hasil kerja keras, tapi hanya bersifat kebetulan yang mungkin hanya diawali dari sebuah keisengan atau hobi semata.

4. Weton yang memiliki angka peruntungan 4 adalah KAMIS PAHING, SELASA PAHING, MINGGU PAHING, SENIN PAHING dan RABU WAGE

Artinya kehilangan dalam pengertian yang luas. Kehilangan disini bisa diartikan sebagai merugi. Oleh karenanya harus sangat berhati-hati jika melakukan usaha, karena jikalau tidak akan sering mengalami kebangkrutan.

Biasanya kebangkrutan yang terjadi adalah karena akibat ditipu orang lain. Atau bisa juga karena banyaknya pengeluaran-pengeluaran yang tak terduga, misalnya karena kecelakaan, sakit, uangnya dipinjam orang tapi susah kembalinya, atau karena kesialan-kesialan lainnya. Artinya rejeki yang didapat mudah hilang kembali oleh karena faktor atau sebab tertentu.

5. Weton yang memiliki angka peruntungan 5 adalah RABU LEGI, SABTU PON dan JUM’AT WAGE

Artinya kehormatan dalam pengertian yang luas. Orang-orang yang memiliki weton tersebut cenderung memperoleh derajat, kehormatan dan juga kewibawaan. Artinya bahwa pembawaannya memberi pengaruh terhadap orang lain sehingga dihormati atau disegani.

Oleh karenanya yang paling penting disini adalah bisa memanfaatkan pengaruh terhadap orang lain ini untuk tujuan yang positif, maka diharapkan akan mudah tercapai apa yang dicita-citakan. Kendala mungkin ada, tapi selalu bisa diatasi.

6. Weton yang memiliki angka peruntungan 6 adalah KAMIS WAGE, SABTU WAGE, MINGGU WAGE, SABTU KLIWON, JUM’AT LEGI dan SENIN WAGE

Artinya lancar dalam pengertian yang luas. Lancar bisa juga diartikan sebagai tercapai tujuannya, sehingga orang-orang dengan weton diatas umumnya jarang mengalami hambatan, dan memperoleh keselamatan dalam berusaha.

Kendala mungkin ada tapi selalu bisa diatasi, dan meskipun hasilnya tidak selalu berlebihan tapi selalu berkecukupan. Oleh karenanya yang lebih penting adalah harus selalu mensyukuri apa yang didapat dan tidak perlu khawatir kekurangan asalkan tetap mau berusaha.

7. Weton yang memiliki angka peruntungan 7 adalah SENIN LEGI, RABU PON, KAMIS LEGI, SELASA LEGI, MINGGU LEGI, dan SABTU PAHING

Artinya pegat atau cerai dalam pengertian yang luas. Pegat atau pisah disini bisa berarti jauh rejeki, jodoh atau susah cari kerja. Kalau berkeluarga cenderung kurang harmonis, mungkin disebabkan karena pekerjaannya yang jauh dari rumah, atau suami istri jarang ketemu karena kesibukan masing-masing.

MENARIK:  Adam Menuju Yerussalem

Selain itu jika bekerja sering tidak betah dan inginnya keluar saja, sehingga kalau tidak hati-hati atau gegabah dalam membuat keputusan hidupnya bisa gagal berantakan.

Maka untuk orang-orang dengan weton tersebut diatas harus memiliki kemampuan mengendalikan diri yang sangat kuat dan sulalu berusaha untuk tidak emosional dalam menghadapi berbagai persoalan supaya hidupnya tetap selamat dan sejahtera meskipun mungkin tidak selalu berkelebihan.

KESIMPULAN

Dalam primbon ramalan Jawa, dipercaya bahwa mereka yang bernasib kurang beruntung adalah yang memiliki Weton sebagai berikut:

1. Jum’at Pon
2. Rabo Kliwon
3. Selasa Kliwon
4. Minggu Kliwon
5. Sabtu Legi
6. Jum’at Pahing
7. Senin Kliwon
8. Kamis Kliwon
9. Kamis Pahing
10. Selasa Pahing
11. Minggu Pahing
12. Senin Pahing
13. Rabo Wage
14. Senin Legi
15. Rabo Pon
16. Kamis Legi
17. Selasa Legi
18. Minggu Legi
19. Sabtu Pahing

Selebihnya ada 16 weton yang tergolong orang-orang beruntung karena memiliki angka peruntungan yang baik. Di manakah Anda?

7 KOMENTAR untuk “Primbon Jawa Ramalan Rejeki Menurut Weton

  1. anak saya lahir pd tgl 9 desember 1987 ( rabo kliwon) dan menikah dengan pria yg lahir pd tgl 29 Nopember 1989 (hari rabu legi) menikah pd tgl 9 September 1987, setelah menikah rasanya sellau mengalami kurang keberuntungan (sial) , bagaimana cara mengatasinya, apa yg harus dilakukan, mohon petunjuknya, trimakasih sblmnya

    View Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *