Munculnya Patung Lembu Suro

 

KEAJAIBANDUNIA.WEB.ID – Isi munculnya patung Lembu Suro di lereng gunung Gadang, sebelah selatan gunung Kelud di Kediri beberapa hari terakhir menarik minat warga untuk mengecek kebenarannya.

 

Konon, patung Lembu Suro yang berada di lereng gunung Gadang tersebut sama sekali tidak tersentuh abu vulkanik. Daerah sekitarnya tampak bersih dan seperti tidak terganggu dampak letusan gunung Kelud beberapa pekan lalu.

Patung Lembu Suro di KediriSalah satu patung Lembu Suro di lereng gunung Kelud, Kediri

Menurut legenda, Gunung Kelud terbentuk karena pengkhianatan cinta Putri Jenggala, Dewi Kilisuci, terhadap Mahesa Suro dan Lembu Suro.

Karenanya, Lembu Suro bersumpah di sisa napas terakhirnya untuk memusnahkan Kediri dan daerah sekitarnya setiap 20 tahun sekali. Sumpah ini telah terbukti dengan letusan gunung Kelud beberapa pekan lalu.

BACA:  Kontroversi Mengenai Situs Gunung Padang

Percaya atau tidak, letusan gunung Kelud terjadi bertepatan dengan perayaan hari Valentine, hari kasih sayang. Mudah mengaitkan letusan ini sebagai pelampiasan dendam Lembu Suro yang mengalami kegalauan akibat cintanya yang dikhianati oleh Puteri Jenggala, Dewi Kilisuci.

Patung Lembu Suro di Lereng Gunung Gadang KediriPatung Lembu Suro di Lereng Gunung Gadang Kediri

Nah, beberapa hari terakhir Kediri kembali digemparkan dengan beredarnya foto-foto kemunculan patung Lembu Suro ini. Masyarakat meyakini bahwa keberadaan patung Lembu Suro ini seolah ingin meninggalkan pesan bahwa jangan pernah melupakan Lembu Suro dan legendanya, juga sumpahnya untuk selalu meletuskan gunung Kelud 20 tahun sekali.

Benarkah demikian?

 

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

Naon nu ngalantarankeun pangarang ngedalkeun pangalamanana, Tegese murco, entuk iwak ora buket banyune, Makam Raden Gatotkaca, puisi bahasa sunda tentang cinta tanah air, arti irah irahan bahasa jawa, 10 awatara siwa, contoh puisi dan kesimpulannya, hewan peliharaan menurut weton, Mitos perkutut puser bumi

JANGAN LEWATKAN