Sejarah Sunda

 

KEAJAIBANDUNIA.WEB.ID – Sejarah Sunda memang sangat menarik dibahas. Kata Sunda bisa mengandung berbagai arti yang secara umum berkaitan dengan suku Sunda di bagian barat pulau Jawa.

 

Menurut Wikipedia, catatan sejarah tertua yang sudah ditemukan mengandung kata “Sunda” adalah Prasasti Kebonkopi yang dibuat pada tahun 458 Saka (536 M) yang menunjuk pada adanya kerajaan Sunda.

Kata “Sunda” dipercaya berasal dari bahasa Sanskerta yang bisa berarti ‘cahaya’ atau ‘air’. Dalam naskah historis lainnya disebutkan bahwa Sunda merujuk pada ibukota Kerajaan Tarumanagara yang bernama Sundapura. Sehingga masyarakat yang menghuni wilayah tersebut dikenal sebagai orang Sunda yang disebut hingga kini.

Sebagai catatan, kerajaan Tarumanagara merupakan salah satu kerajaan tertua di Nusantara yang terbukti dengan bukti prasasti dan berita naskah kuno di negeri Tiongkok.

BACA:  Mengenal 12 Suku Bangsa Yahudi

Hingga kini, letak pasti kota Sundapura masih menjadi penelitian para ahli, apakah di Jakarta, Bekasi atau Karawang sekarang. Hanya saja, di Karawang terdapat situs percandian Batujaya seluas 5 km persegi yang menunjukkan tumbuh kembangnya kebudayaan Sunda sejak abad 2 Masehi hingga abad 12 Masehi.

VIDEO SEJARAH SUNDA

Untuk mengetahui lebih jauh tentang sejarah Sunda, silahkan simak video di bawah ini:

 

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

semar samiri, teks deskripsi bahasa inggris yg ber jodol sawah, contoh teks deskripsi bahasa inggris tentang sawah, unsur intrinsik legenda gunung kelud b jawa, siapa saja titisan dewa wisnu, pikulun, asal usul sunan pangkat, cara meramal pemilihan kepala desa, arti bahasa jawa samudono, naskah monolog pendek sumpah pemuda

JANGAN LEWATKAN