Ciri-Ciri Planet Dalam dan Planet Luar

KEAJAIBANDUNIA.WEB.ID – Ciri-ciri planet dalam tata surya sebenarnya tergantung dari jenis planetnya sendiri. Sebagaimana kita ketahui, tata surya kita terdiri atas kelompok planet dalam dan planet luar.

Tata surya sendiri merupakan kumpulan benda langit yang terdiri atas sebuah bintang yang disebut Matahari dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya, termasuk planet, bintang, asteroid dan benda-benda luar angkasa lainnya.

Planet dalam adalah nama umum yang mencakup planet kebumian dan asteroid. Struktur planet dalam terutama terbuat dari silikat dan logam. Objek dari planet bagian dalam melingkup dekat dengan matahari, radius dari seluruh daerah ini lebih pendek dari jarak antara Yupiter dan Saturnus.

Loading...
MENARIK:  Fakta Tentang Bulan

Yang termasuk ke dalam planet dalam adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars dan asteroid. Sedangkan yang termasuk ke dalam planet luar adalah Yupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.

CIRI-CIRI PLANET DALAM

Planet Bagian Dalam Tata SuryaPlanet Bagian Dalam Tata Surya

Nah, ciri-ciri planet dalam (terrestial planets) atau planet kebumian adalah:

  • Memiliki komposisi batuan yang padat, seperti mineral bertitik leleh tinggi, seperti silikat yang membentuk kerak dan selubung, dan logam seperti besi dan nikel yang membentuk intinya.
  • Hampir tidak mempunyai dan tidak mempunyai sistem cincin
  • Tiga dari empat planet ini (Venus, Bumi dan Mars) memiliki atmosfer, semuanya memiliki kawah meteor dan sifat-sifat permukaan tektonis seperti gunung berapi dan lembah pecahan.
MENARIK:  Keajaiban Pengukuran Isotop Ungkap Usia Bumi Dan Bulan

CIRI-CIRI PLANET LUAR

Planet Bagian Luar Tata SuryaPlanet Bagian Luar Tata Surya

Kelompok planet luar dapat dikenali dari ciri-cirinya sebagai berikut:

  • Keempat planet luar (Yupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus), yang disebut juga planet raksasa gas (gas giant planets), atau planet jovian, secara keseluruhan mencakup 99 persen massa yang mengorbit Matahari
  • Yupiter dan Saturnus sebagian besar mengandung hidrogen dan helium, sementara Uranus dan Neptunus memiliki proporsi es yang lebih besar. Para astronom mengusulkan bahwa keduanya dikategorikan sendiri sebagai raksasa es.
  • Keempat raksasa gas ini semuanya memiliki cincin, meski hanya sistem cincin Saturnus yang dapat dilihat dengan mudah dari bumi.

Demikianlah artikel tentang ciri-ciri planet dalam dan ciri-ciri planet luar dari sistem tata surya kita. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *