Misteri Gunung Sadahurip di Garut

KEAJAIBANDUNIA.WEB.ID – Misteri Gunung Sadahurip di Garut memang tidak kunjung selesai diperbincangkan. Tim Bencana Katastropik Purba (BKP) yang difasilitasi Staf Khusus Presiden bidang Bantuan Sosial dan Bencana, Andi Arief menyatakan bahwa Gunung Sadahurip ini adalah sebuah piramida yang usianya lebih tua dari piramida Giza di Mesir. Benarkah demikian?

Memang bukan perkara mudah untuk menyimpulkan dengan cepat bahwa Gunung Sadahurip di Garut itu merupakan piramida yang tertimbun. Apalagi jika tidak didahului dengan serangkaian penelitian intensif yang melibatkan semua disiplin ilmu yang berhubungan dengan situs kepurbakalaan.

Gunung Sadahurip di Garut Jawa BaratGunung Sadahurip di Garut Jawa Barat

Loading...

Gunung Sadahurip terletak di Kecamatan Pangatikan, Garut, Jawa Barat. Masyarakat setempat biasa juga menyebut gunung Sadahurip dengan nama Gunung Cinta atau Gunung Puteri. Ada juga yang menyebutnya sebagai Gunung Keramat.

MENARIK:  Keajaiban Tempat yang Mengherankan di Bumi

Meski tidak sesempurna piramida Giza di Mesir, bentuk gunung Sadahurip memang menyerupai sebuah piramida. Gunung tersebut memiliki lima sisi dengan bagian atas yang sedikit merucing. Apakah benar di negara kita ada piramida?

Direktorat Jenderal Sejarah dan Kepurbakalaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Soerosa, menyatakan bahwa bukan tak mungkin Indonesia memiliki piramida. Dia menambahkan bahwa dugaan piramida tertimbun jauh dalam tanah memang kemungkinan besar terjadi di Indonesia.

Dugaan adanya piramida yang tertimbun di Gunung Sadahurip, Kabupaten Garut, menunjukkan bahwa peradaban yang mendiami Indonesia di masa lalu sudah sangat maju. Ini bukan hal mengherankan. Pasalnya, Indonesia telah lama memiliki piramida yang diakui dunia.

MENARIK:  Gunung Sadahurip di Yakini Terdapat Piramida di Dalamnya

Piramida tersebut adalah Borobudur. Candi yang dibangun pada abad ke-9 di kawasan Magelang, Jawa Timur, tersebut dibangun bertingkat sebagai punden berundak. Peradaban kuno yang ada di seluruh dunia membangun piramida dalam berbagai bentuk, termasuk punden berundak-undak.

Gunung Sadahurip di Garut Jawa Barat dilihat dari jauh

Pada acara diskusi peradaban dan bencana katastropik purba di Jakarta, awal 2012, ahli geologi dari Geotrek Indonesia, Awang Satyana menyatakan bahwa 90 persen bentuk Gunung Sadahurip menyerupai piramida dari berbagai arah. Bahkan, pada satu arah, gunung ini tampak sebagai piramida sempurna.

Temuan-temuan sejumlah peneliti tersebut semakin menguatkan dugaan adanya piramida raksasa di bawah Gunung Sadahurip di Garut, Jawa Barat. Meski baru sebatas dugaan dan dipenuhi kontroversi, kita tetap patut mengapresiasi upaya untuk mengungkap misteri peradaban di tanah air kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *