Keajaiban 3 Planet Berpotensi Kehidupan

KEAJAIBANDUNIA.WEB.ID – Di dalam Tata Surya kita saat ini hanya memiliki satu planet yang layak huni, yaitu Bumi atau mungkin dua jika Planet Mars dihitung. Lebih dari satu planet berpotensi dihuni dari setiap bintang di ruang angkasa.

Tata Surya Gliese 667C sangat mirip dengan Tata Surya kita
Potensi planet-planet layak huni saat ini

Penemuan sebelumnya adalah bintang Gliese 581, melalui Kepler Space Telescope menemukan dua planet dari bintang Kepler-62. Sekarang tim ilmuwan, melaporkan penemuan sebuah Bintang Gliese 667C dengan tiga planet berpotensi layak huni.

Gliese 667C merupakan bagian dari sistem tiga bintang terdekat, dengan jarak sekitar 22 tahun cahaya dari Bumi, di konstelasi Scorpius (The Scorpion).

Loading...

Tata Surya Gliese 667C sangat mirip dengan Tata Surya kita, Tim menemukan bahwa Gliese 667C memiliki enam planet, atau bahkan lebih, dengan tiga planet diidentifikasi layak huni dikonfirmasi sebagai Super-Earths, yaitu planet yang memiliki massa lebih dari bumi, tetapi massa kurang dari planet besar seperti Uranus dan Neptunus.

Sistem serupa telah ditemukan sebelumnya dan sangat umum di Galaksi Bima Sakti, namun sebagian besar sistem ini dibangun di sekitar bintang seperti Matahari terlalu panas untuk dihuni.

Sedangkan Zona layak huni adalah wilayah di sekitar bintang di mana massa planet dengan tekanan atmosfer yang cukup dapat mendukung air cair di permukaan.

Gliese 667C
Gliese 667C berpotensi layak huni

Gliese 667C sekarang menjadi objek paling menarik untuk mempelajari sistem bintang dengan potensi kehidupan. Ini adalah pertama kalinya bahwa tiga planet tersebut telah terlihat mengorbit di zona layak huni dalam sistem yang sama.

Penemuan sistem seperti Gliese 667C bisa berarti bahwa jumlah planet berpotensi dihuni di Galaksi Bima Sakti lebih banyak daripada yang diyakini.

Untuk lebih jelasnya simaklah video di bawah berikut ini.

MENARIK:  Teka-Teki Batuan Lava di Gunung Padang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *