Gunung Padang Terdapat Sebuah Piramida Besar

Situs Piramida Gunung Padang Cianjur

Gunung Padang yang terletak di Kabupaten Cianjur, Propinsi Jawa Barat, semakin terkenal keberadaannya. Hal ini dikarenakan diduga Gunung tersebut adalah sebuah piramida besar, atau bisa disebut juga dengan istilah punden berundak. Luas komplek bangunan dari situs gunung padang ini adalah 900 m2, ini berarti piramida atau punden berundak Gunung Padang merupakan yang terbesar di Asia Tenggara.
Piramida Gunung Padang

situs megalitikum Gunung Padang

Loading...

Tak mudah untuk mencapai lokasi Gunung Padang. Butuh waktu empat jam dari Desa Salebu, menyusuri hutan pinus melewati sungai kecil Cikahuripan. Lalu masuk lagi ke hutan lindung, menempuh perjalanan di jalan sempit, menerobos semak belukar. Hingga sampai di sebuah mata air.

MENARIK:  Gunung Merapi Mulai Bergemuruh

Menurut Ali, situs megalitikum Gunung Padang bukanlah piramida yang dibuat dengan beberapa ruangan di dalamnya, melainkan punden berundak. ”Jadi hasil tumpukan batu saja, tidak ada lorong di bawahnya,” ujar arkeolog dari Universitas Indonesia itu.

Situs Piramida Gunung Padang Cianjur

Punden berundak umumnya memiliki teras-teras bertingkat sebelum mencapai puncak bangunan. Selama ini, atau sejak ditemukan pada 1914, kata Ali, diketahui teras punden berundak membujur dari utara ke selatan. ”Ada dugaan, terasnya juga ada di kiri kanan atau timur dan barat gunung,” katanya.

Menurut Suganda, juru kunci situs, ada cerita rakyat yang berkembang di desa-desa sekitar kawasan situs ini. Konon, pada zaman kerajaan Padjajaran, Naganingrum, istri pertama Raja Padjajaran Prabu Kian Santang, pada saat hamil meminta dibangunkan istana di sebelah timur kerajaan Padjajaran.

KOMENTAR untuk “Gunung Padang Terdapat Sebuah Piramida Besar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *