Keajaiban Superbenua Pangea

KEAJAIBANDUNIA.WEB.ID ~ Ada banyak benua yang dikenal hingga saat ini juga ada beberapa tipe atau jenis benua yang sudah dikenal. Ada benua yang memang saat ini ada dan bener-bener ada, dan ada yang adanya dimasa lalu karena proses pergerakan kerak-kerak benua ini, juga ada yang saat ini hanya tinggal sebagai sejarah. Termasuk juga benua-benua mitos dan ada dalam khalayan saja. Diataranya …. benua Atlantis !!!

Benua-benua di dunia
Peta model benua yang di huni 4 hingga 7 benua

Sangat menarik mengetahui benua-benua ini, baik untuk pelajaran geografi, sejarah, bahkan untuk dongengan

Benua-Benua di Dunia

Benua atau continent adalah daratan yang sangat luas. Seringkali satu daratan luas disebut sebagai benua karena memiliki ciri khusus.

Loading...
Rekonstruksi Benua lampau Pangea
Rekonstruksi Benua lampau Pangea

Karena perbedaan ciri-ciri ini baik secara geografi dan geologi, maka pembagian benua di dunia ini ada yang menyebutkan 4 benua ada yang menyebutkan 7 benua.

Benua-benua yang ada saat inipun jumlahnya bisa berbeda-beda tergantung mana-mana saja yang dikelompokkan.

Benua-benua yang pernah ada di bumi
Daftar Benua-benua yang pernah ada di bumi

Pangea, Benua Super yang ada 225 tahun yang lalu.

Superbenua Pangea merupakan benua tua yang ada pada 225 juta tahun lalu. Benua Pangea ini merupakan hasil rekonstruksi benua-benua yang ada saat ini yang dikembalikan menjadi satu superbenua yang terdiri atas kerak-kerak benua.

Superbenua Pangea
Gambaran Superbenua Pangea

Pangaea atau Pangea (pan berarti keseluruhan, seluruh dan gaia berarti Bumi dalam Bahasa Yunani Kuno) adalah Superbenua yang sangat besar pada zaman Paleozoikum dan Mesozoikum sekitar 250-225 juta tahun yang lalu, sebelum akhirnya terbelah atau terpecah menjadi beberapa potong benua atau lempeng lalu menyebar ke seluruh permukaan bumi.

Banyak teori yang menjelaskan “berkumpulnya” kembali benua-benua ini setelah sebelumnya terapung-apung. Teori lempeng tektonik ini juga mengenal semacam siklus pergerakan benua-benua ini yang terpisah-berkumpul-terpisah,  yang terjadi berulang-ulang.

Supercontinent Pangea ini akhirnya terpecah menjadi dua menjadi Gondwana dan Laurasia.

Gondwana dan Laurasia

Benua dalam geologi yang paling sering dikenal adalah Gondwana dan Lurasia. Gondwana Supercontinent mulai terpecah pecah pada masa Jura (Jurassic) (sekitar 160 juta tahun yang lampau), diawali dengan benua Afrika terpisah menuju arah utara secara perlahan.

Benua Gondwana dan Laurasia
Gambaran benua Gondwana dan Laurasia

Kemudian blok daratan besar, yang saat ini dikenal sebagai anak benua India, memisahkan diri dari supercontinent pada masa Kapur (Cretaceous) awal sekitar 125 juta tahun yang lampau.

Daratan berikut yang memisahkan diri adalah yang dikenal sekarang sebagai Selandia Baru, pada masa sekitar 80 juta tahun yang lampau; diikuti daratan benua Australia dan pulau Irian bergerak menuju arah utara sekitar 55 juta tahun yang lampau.

Selain benua-benua diatas dalam ilmu geologi juga dikenal benua benua lain seperti

Gondwana
Laurasia
Pangaea
Pannotia
Rodinia
Columbia
Kenorland
Nena
Ur
Vaalbara

Benua-benua geologi diatas merupakan benua-benua yang direkonstruksi berdasarkan ilmu tektonik. Kerak-kerak benua ini dikembalikan ke asalnya sebelum mulai “mengembara” pada kala berikutnya. Lihat rekonstruksi benua-benua ini di gambar paling atas.

MENARIK:  Tentang Sundaland Lemuria/Kumari Kandam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *