Keajaiban 5 Tempat Terindah di Dunia

KEAJAIBANDUNIA.WEB.ID ~ Setelah sebelumnya kita juga pernah membahas tentang gedung tertinggi di dunia, dan gunung teringgi di dunia. Maka kali ini kita akan mengulas secara lengkap tempat terindah di dunia. Bumi sebagai satu-satunya planet yang memiliki kehidupan di Tata Surya merupakan tempat yang indah dengan berbagai kreasi penciptaan dari mulai flora-fauna, sosial, dan alam yang memukau. Di bawah ini ada beberapa tempat yang terindah di dunia.

Samudra Arktik

Samudra Arktik
Samudra Arktik

Samudra Arktik, berlokasi di belahan utara bumi dan kebanyakan berada di wilayah Arktik Kutub Utara, adalah samudra terkecil dan terdangkal di antara lima samudra di dunia. Para ahli samudra menyebutnya Laut Mediteranian Arktik atau Laut Arktik, mengklasifikasikannya sebagai satu dari Laut Mediteranian yang tergabung dalam Samudra Atlantik.

Samudra Arktik mengisi sebuah basin bundar dan memiliki luas sekitar 14.056.000 kilometer persegi, hanya kurang sedikit dari 1.5 kali luas Amerika Serikat. Panjang garis pantainya adalah 45.389 kilometer. Rata-rata kedalaman Samudra Arktik adalah 1.038 meter. Titik terdalamnya terdapat di Basin Eurasia yaitu 5.450 meter.

Loading...

Samudra Arktik juga menyediakan link (penghubung) laut terpendek antara barat dan timur Rusia yang ekstrem. Ada beberapa stasiun penelitian terapung di Arktik, dioperasikan oleh Amerika Serikat dan Rusia. Samudra Arktik memiliki iklim kutub yang ditandai dengan dingin sepanjang tahun dan sempitnya kisaran suhu tahunan.

Musim dingin ditandai dengan gelap yang berkelanjutan, dingin dan kondisi cuaca yang stabil dan langit yang cerah; musim panas ditandai dengan sinar matahari yang berkelanjutan, lembap dan berkabut dan angin-angin puyuh lemah dengan hujan dan salju. Suhu rata-rata adalah -2° celsius.

Sinar Aurora Borealis ( Cahaya Misterius di Utara )

Sinar Aurora Borealis ( Cahaya Misterius di Utara )
Aurora yang terjadi tanggal 28 Agustus dan 2 September 1859

Pada mitologi Romawi kuno, Aurora adalah Dewi Fajar yang muncul setiap hari dan terbang melintasi langit untuk menyambut terbitnya matahari. Profil Dewi Aurora juga dapat kita temukan pada tulisan hasil karya Shakespeare.

Aurora Borealis memang sering terjadi antara bulan Maret-April dan Agustus-September-Oktober. Aurora Borealis adalah fonemana pancaran cahaya yang terjadi di daerah utara atau kutub utara. Pada saat Aurora Borealis terjadi, seakan-akan matahari akan terbit dari sebelah utara.

Aurora yang terjadi tanggal 28 Agustus dan 2 September 1859 mungkin adalah yang paling spektakuler.

Fenomena Aurora Borealis telah lama menarik perhatian para Ilmuwan. Andres Celcius, antara rentang tahun 1716 sd. 1732 mengamati Aurora Borealis dan menghasilkan sekitar 300 pengamatan yang dipublikasikannya. Celcius adalah seorang Professor Astronomi yang namanya diabadikan sebagai satuan pengukur suhu.

Aurora juga terjadi pada Planet lain dalam tata surya, misalnya Planet Uranus dan Neptunus. Jupiter dan Saturnus memiliki medan magnet yang lebih kuat dari Bumi dan memiliki sabuk radiasi yang besar. Teleskop Huble digunakan untuk menangkap terjadinya Aurora di planet lain.

Meteora – Yunani ( Negeri di Atas Awan )

Meteora - Yunani ( Negeri di Atas Awan )
Meteora – Yunani ( Negeri di Atas Awan )

 ”Meteora” bersal dari kata Yunani yang berarti ”didirikan di atas tanah” yang memaksudkan sekelompok pilar batu unik dan lebih dari 30 biara yang dibangun di atasnya. Rata-rata tinggi batu-batu ini adalah 300 meter, dan yang tertinggi adalah 550 meter.

Sekumpulan batu terjal dan terpisah-pisah yang menjulang ratusan meter ke langit. Puncak-puncaknya dimahkotai dengan biara-biara yang memiliki serambi kayu dan atap berhias. Tempat berpadunya bebatuan alami yang unik dan upaya manusia yang luar biasa.

Pada musim dingin, batu-batu raksasa ini tampak jelas menjulang, berdiri dengan warna yang kontras di atas permadani salju. Banyak orang percaya bahwa jutaan tahun yang lalu, dataran tempat berdirinya Meteora ini merupakan dasar dari sebuah danau pedalaman yang luas.

Menurut salah satu teori, naiknya suatu bagian kerak bumi secara besar-besaran, entah bagaimana, menyebabkan batu-batu ini mencuat ke atas. Majalah Experiment menjelaskan bahwa beberapa geolog percaya ”bahwa batu-batu ini pasti terbentuk antara tahun 2000 dan 1000 SM”.

Puncak Dunia Himalaya

Puncak Dunia Himalaya
Pegunungan Himalaya yang terbentang di benua Asia

Pegunungan Himalaya terbentang di benua Asia. Pegunungan ini berbaris memanjang melewati lima Negara, yaitu Pakistan, India, China, Bhutan dan Nepal.

Pegunungan Himalaya sangat istimewa. Karena pada pegunungan inilah bertenggernya puncak – puncak gunung tertinggi di dunia, termasuk Gunung Everest dan Gunung Kanchenjunga.

Pegunungan Himalaya juga dikenal sebagai sumber mata air dari dua sungai besar yang menjadi pusat peradaban dunia, yaitu Sungai Indus dan Sungai Ganga – Brahmaputra. Hingga hari ini, tidak kurang dari 750 juta nyawa hidup dan tinggal disekitar daerah sungai sepanjang Pegunungan Himalaya ini.

Gunung Everest disebut – sebut sebagai gunung tertinggi di dunia. Dengan ketinggian gunung mencapai lebih kurang 8.850 m. Gunung Everest terletak di barisan Pegunungan Himalaya. Tepatnya diperbatasan Nepal dan Tibet. Sementara puncaknya terletak di Tibet.

Kota di atas awan  Machu Picchu

Machu Picchu berlokasi di Gunung Andes
Kota di atas awan Machu Picchu

Dibangun di sekitar 1450 SM dengan gaya Inka kuno dengan batu tembok berpelitur. Bangunan utamanya adalah Intihuatana, Kuil Matahari, dan Ruangan Tiga Jendela. Tempat-tempat ini disebut sebagai Distrik Sakral dari Machu Picchu dan Tidak terjamah lagi seratus tahun kemudian, ketika Penaklukan Spanyol terhadap kerajaan ininga peradaban ini pernah dilupakan Selama berabad-abad.

Bangunan Machu Picchu ini menunjukkan secara mengejutkan tentang kualitas peradaban masa lampau dalam berkarya. Di banyak tempat terdapat dinding di tingkat yang lebih rendah dengan struktur yang sangat menakjubkan. Kemudian semakin ke atas mutunya mengalami pengurangan.

Machu Picchu berlokasi di Gunung Andes di atas lembah Urubamba, Peru, sekitar 70 km barat laut Cusco, dan berada sekitar 2.350 meter di atas permukaan laut. Dan Bingham sendiri benar-benar tidak menyangka akan penemuannya ini, yang pada saat sekarang sudah mampu menyedot ribuan wisatawan setiap harinya.

Banyak teori yang telah berkembang, menyangkut pemikiran dan penjelasan yang masuk akal dalam prosesnya. Machu Picchu diperkirakan termasuk ke dalam generasi Inca ke-9 yang berkuasa pada pertengahan abad ke-15. Yang memaparkan secara lugas tentang sebagian besar prestasi yang menyangkut peradaban Inca kala itu.

MENARIK:  Terowongan yang Menakjubkan di Dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *