Catatan Seajarah Nusantara Tahun 1000 Masehi Sampai 1500 Masehi

KEAJAIBANDUNIA.WEB.ID ~ Tahun 1017 Masehi,  Al Biruni (973-1048), Khorasan (Turkmenistan), saintis Muslim mengembangkan alat menentukan derajat lintang suatu tempat di muka bumi. Dia merevisi pandangan Ptolemaus tentang aliran laut dari lautanIndiake lautan Atlantik.Menulis buku Āthār al-bāqīyah (Chronology of Ancient Nations), At-Tafhīm (“Elements of Astrology”).Pindah keIndia, dibahwah Ghazna (Afghanistan).

Seajarah Nusantara Tahun 1000 Masehi Sampai 1500 Masehi
Peta Nusantara Zaman Dulu

Tahun 1019-1049 Masehi, Airlangga, raja di Jawa Timur adalah menantu dari Darmawangsa, pada saat serangan balik Sriwijaya yang berhasil membunuh Darmawangsa Airlangga sempat menghindar ke dalam hutan. Airlangga kemudian mempersatukan kembali.

Tahun 1019 dia sudah menguasai daerah Pasuruan dan usaha ini termasuk perang berlangsung sampai 1035 dan efektif menguasai seluruh Jawa bagian Timur. Pada masa ini Mpu Kanwa penyair istana menuliskan kisah Arjunawiwaha dan Mahabrata yang disesuaikan dengan kisah hidup Airlangga, menurut kisah, Airlangga membagi dua kerajaan untuk dua orang putranya menjadi Janggala dan Kadiri.

Loading...

Makam Airlangga (kiri) di Belahan, di lereng Gunung Penanggungan ,Kediri, Jawa Timur. Dua arca yang di depan adalah permaisuri Wisnu yang berfungsi sebagai pancuran air. Pada bagian tengah yang tertutup terdapat arca Wisnu (kanan) yang dipercayai sebagai Airlangga. Seperti halnya ayahnya Udayana yang juga dimakamkan di lereng Barat gunung Penanggungan.

Airlangga dianggap sama dengan Wisnu berarti dia seorang raja yang perkasa, nampak dengan menunggang burung garuda bertubuh manusia sedang menginjak dua ekor ular. Perhatikan perbedaan antara sikap yang tenang pada penunggangnya dan kegelisahan pada burung garuda.

Tahun 1082 Masehi, Prasasti Leran yang berupa nisan dari Fatimah binti Maimun 475 H, merupakan inskripsi pertama keberadaan Islam di Nusantara.

Tahun 1071 Masehi, Jerusalem kota suci bersama bagi ummat beragama Yahudi, Kristen dan Islam, kota ini berada di bawah penguasa Muslim sejak tahun 634 dan selama itu tidak ada masalah bagi semua penganut ketiga agama di atas dalam menjalankan agama dan ziarah bagi penganut dari luar Jerusalem.

Mereka dapat bepergian dan tinggal dan mengunjungi tempat-tempat suci dengan bebas. Sejak khalifah Muslim dipegang dinasti Bani Seljuk, Turki, para peziarah dari Barat (Eropa) mulai mendapat gangguan dalam perjalanan semenanjung Balkan, terjadi juga perusakan terhadap tempat-tempat yang dianggap suci oleh Kristen.

Hal ini sejalan dengan ekspansi Turki atasByzantium(Konstantinopel) dimana pimpinan Kristen Timur (Katolik Orthodox) berdomisili. Patriarkh Alexius Comnenus meminta bantuan Paus Urbanus II di Rome (Katolik Roma), namun pada tahun 1071, Konstantinopel berhasil ditaklukkan Turki, dan meneruskan ekspansi ke wilayah Balkan lainnya, peziarah dari Eropa jadi terhambat.

Tahun 1096 Masehi, Perang Salib pertama. Atas imbauan Paus Urbanus II (1040-1099), jadi Paus (1088-1099),Sekelompok orang (bangsawan) membentuk pasukan (crusader army) untuk membebaskan Jerusalem, dipimpin Godfrey of Bouillon (1061-1100), berjalan dan berlayar melalui berbagai jalur menuju Constantinople, terus bergerak melalui Antiokia yang sebelumnya dikuasai Turki tahun 1085.

Berhasil merebut Jerusalem pada 15 Juli 1099. Mereka melakukan pembunuhan massal (massacre) yang memalukan terhadap orang Turki dan pendudukJerusalem non Kristen. Sebagian besar pulang kembali dan sebagian tinggal diJerusalem membuat benteng dan pasukan khusus mempertahankan Tanah Suci.

Tahun 1135-1160 Masehi, Jayabaya, rajaKediri, mempersatukan kembali Kadiri dan Janggala, penulisan Barathayuda.

Tahun 1144 Masehi, Perang salib kedua. Jerusalem kembali diambil alih oleh Turki, pasukan Crusader membangun beberapa negara kota, diantaranya Edessa, Germania dan Frank melancarkan serangan balasan namun gagal karena pasukan perlawanan Muslim lebih terorganisir.

Tahun 1150 Masehi, Gerard Cremona (1114-1187), Lombardy [Italy], menterjemahkan banyak karya-karya Arab Islam ke bahasa Latin.

Tahun 1174 Masehi, Menara miring Pisa (Itali) dibangun, awalnya dibangun sebagai menara biasa untuk katedral oleh Bonnano Pisano sebagai arsitek.

Tahun 1190-1222 Masehi, Kertajaya, raja Kediri, mengurangi peran kaum Brahmana, yang berakibat konflik dan kalahnya Kertajaya berakhir pula kerajaanKediri.

Tahun 1187 Masehi, Perang Salib ketiga. Salahuddin Al Ayubi (Saladin) seorang pemimpin Islam dan militer yang legendaris menaklukkanJerusalem stelah dikuasai Ftanks selama 88 tahun.

Tiga orang Raja dari Eropa bergabung melawan Saladin; Richard the Lion Hearted (England), Frederick Barbarosa (German) dan Philip Augustus (Frank).Frederick menyerang melalui laut ke Asia Kecil Juni 1190 dan dipukul mundur.

Richard dan Philip sempat merebut kembalikota Acre, namun gagal menaklukkanJerusalem. Kemudian Richard dan Saladin mengadakan perjanjian damai tahun 1192 yang membolehkan para peziarah Eropa mengunjungi Jerusalem-Tanah Suci dengan bebas.

Tahun 1200 Masehi, Fakultas kedokreran dan filsafat didirikan dalam Universitas Bologna (Italia).     

Tahun 1202 Masehi, Perang Salib keempat. Terjadi pelencengan terhadap tujuan awal perang salib, Mesir pusat kekuasaan Islam menjadi target. Karena jalur pelayaran Mediteranie ke Mesir melalui Venice, dimana orang Venesia lebih berminat atas perdagangan dibanding agama, atas pengaruh mereka para Crusader melupakan Mesir dan mereka menaklukkan kota pelabuhan Zara (Zadar, Croatia) kota Kristen saingan Venesia.

Kemudian tahun 1203 menyerang Constantinople (Katolik Timur), menaklukkan dan menjarahnya 1204, atas kehendak Paus. Innocentius III (1160-1216), menjadi Paus (1198-1216).

Tahun 1212 Masehi, Perang Salib Anak-anak Semangat Perang Suci juga mempengaruhi anak-anak seperti halnya pada orang dewasa. Seorang anak penggembala Stephen dari Cloyes (dekat Vendome – Perancis) menyatakan mendapat penampakan Jesus yang memerintahkannya menyusun pasukan untuk membebaskan Tanah Suci dari tangan penguasa Muslim.

Berhasil menghimpun 30,000 orang anak-anak dan orang dewasa miskin. Mereka berbaris menujuParismeminta raja Philip II berperang bersama mereka. Raja menyuruh mereka kembali pulang ke rumah.

Nicholas anak Jerman dari Cologne menghimpun jumlah yang lebih besar dari daerah Rhineland dan Lorraine, meyakinkan pengikutnya bahwa mereka akan dibantu Tuhan dalam membebaskan Jerusalem.

Mereka berbaris melewati kota Mainz, dimana sebagian berhasil dibujuk pulang kembali, sisanya meneruskan menyeberangi Alpen sampai ke Itali dan terpecah jadi beberapa kelompok. Sebagian terus keVenicedanGenoa, sebagian lagi sampai ke Marseille Perancis dalam mencari tumpangan kapal ke Mesir.

Bagian terbesar anak-anak itu hilang tak berbekas, yang diyakini telah dijual sebagai budak oleh setelah dibawa ke Mesir oleh pedagang yang curang. Episode ini tidak menghasilkan apa-apa bagi Eropa selain dari histeria patetik merebut kembali Jerusalem akibat dari imbauan seorang Paus yang menimbulkan ‘suasana mati demi Tuhan’ pada hampir semua kalangan.    

Tahun 1215 Masehi, Bangsawan Britania (Inggris) memaksa raja John (1167-1216), menandatangani MAGNA CARTA pernyataan tentang hak pribadi, yang merupakan embrio demokrasi modern. Magna Carta atau The Great Charter of English Liberties yang dikeluarkan guna mencegah ancaman perang saudara, mengalami tiga kali perubahan yaitu pada tahun 1216, 1217, dan 1225.

Pada masanya piagam ini belum banyak memberikan perubahan yang berarti, namun sangat berpengaruh untuk generasi berikutnya. Magna Carta menjadi simbol perjuangan melawan penindasan terhadap kebebasan, Petition of Right (1628) dan Habeas Corpus Act (1679) keduanya merujuk langsung pada pasal 39 dari Magna Carta yang berbunyi:

“no free man shall be…imprisoned or disseised [dispossessed]…except by the lawful judgment of his peers or by the law of the land.”. KonsitusiUSAmemperlihatkan pemikiran yang langsung berasal dari piagam ini. (Brittanica Ensiclopoedia).

Tahun 1218 Masehi, Perang Salib Kelima. Pasukan dari Frank dan German dipimpin kardinal Pelagius mencapai Dumyat (Damietta, Mesir). Mereka ditawariJerusalem asal meninggalkan Mesir, dan ditolak karena berharap mendapatkan wilayah yang jauh lebih besar. Misi ini tidak berhasil dan akhirnya membuat kesepakatan damai dengan Muslim (Mesir) tahun 1221.     
Tahun 1219 Masehi, Ghengis Khan atau Temujin (1155-1227) Baikal,Mongolia. Menyerbu Bukhara danSamarkand. Imperium Mongol berlanjut.

Tahun 1222-1227 Masehi, Rajasa Amurwabhumi (Ken Angrok) raja Kerajaan Singosari. Ken Angrok yang berasal dari rakyat biasa, membunuh Tunggul Ametung bupati Tumapel, memperistri Ken Dedes janda Tunggul Ametung, menaklukkan Kediri dan membangun dinasti Girindrawangsa.

Tahun 1228 Masehi, Perang Salib Keenam. Dipimpin oleh Frederick II, Raja Holy Roman dari Franks dengan disertai sejumlah pemimpin pasukan dari berbagai negeri Eropa. Tanpa pertempuran besar, berhasil membuat perjanjian dengan Sultan Mesir, Malik al-Kāmil (1180-1238) dengan sebagian besarJerusalemmenjadi bagian Kristen.

Tahun 1247-1248 Masehi, Anusapati, menjadi raja di Singosari.

Tahun 1249 Masehi, Perang Salib ketujuh. Pasukan Turki merebut Jerusalem 1244, Louis IX dari Perancis memimpin perang salib, merebut Damietta dengan harapan menukar dengan Jerusalem, gagal karena pasukannya menderita kekalahan besar. Louis sendiri ditawan dan dibebaskan tahun 1250 dengan tebusan.     

Tahun 1250 Masehi, Roger Bacon, (1220-1292),Oxford,England, merevisi pandangan keilmuan dengan mengajukan experimental science.     

Tahun 1252 Masehi Paus Innocentius IV membolehkan inkuisasi atau pengadilan gereja memakai cara kekerasan yang kemudian menjadi brutal. Mencapai puncaknya pada jaman Raja Ferdinand dan Ratu Isabela (Spanyol), diperkirakan 2,000 orang dibakar hidup-hidup dan 160,000 Yahudi diusir dari Spanyol/Portugal. Raja Charles V melakukan di Belanda pada 1522, inkusasi Spanyol dan jajahannya berakhir tahun 1834.

Tahun 1248-1268 Masehi, Wisynuwardhana, menjadi raja di Singosari.

Tahun 1260 Masehi, Islam memasuki Gujarat, pusat perdaganganIndiauntuk wilayah Timur.

Tahun 1260-1295 Masehi, Cina dipersatukan dibawah emperor Kubilai Khan (Mongol). Ekspansi pertama ke Selatan.

Tahun 1268-1292 Masehi, Kertanagara, menjadi raja Singosari.

  • Membangun pusat pemerintahan Singosari
  • Mengadakan perlawanan terhadap hegemoni Kubulai Khan
  • Mengadakan aliansi dengan Campa menghadapi Mongol
  • Menolak mengakui Mongol setelah Campa jatuh ke bawah Mongol.
  • Terbunuh oleh Jayakatwang vasal Singosari.

Patung dalam bentuk hari-hara ardhanari yang diyakini sebagai Kartanegara.

Tahun 1270 Masehi, Perang Salib kedelapan (terakhir). Raja Louis IX kembali mencoba menebus kekalahan tahun 1249, mendarat di Afrika Utara, meninggal karena sakit sampar. Kemudian dibaptis sebagai Santo. Setelah itu Eropa kehilangan minat menjalankan perang suci danJerusalem kembali di bawah Muslim 1291.

Hasil Perang Salib ini menstimulasi perdagangan, makanan, bumbu dan tekstil baru muncul di Eropa. Terjadi pertukaran pengetahuan pengobatan, sains dan peralatan perang yang semuanya bermuara pada terjadinya pemikiran pencerahan atau Renaissance.

Tahun 1290 Masehi, Kemunculan kerajaan Islam Samudra Pasai (kotaPerlak) di ujung Sumatera, dengan penguasa pertama, Malik Al Saleh, yang makamnya bertarikh 696 H (1297 M.

Tahun 1292 Masehi, Marcopolo mengunjungi Sumatera.

Tahun 1294-1309 Masehi, Raden Wijaya mengusir pasukan Kubilai Khan (Mongol) yang akan menghukum Kartanegara dan Jawa dan mendirikan Majapahit dan menjadi raja pertama bergelar Kertarajasa Jayawardhana.

Tahun 1307-1368 Masehi, Perlawanan di Cina mengusir Mongol, dan berdirinya Dinasti Ming.

Tahun 1309-1328 Masehi, Jayanegara putra mahkota Kertarajasa Jayawardhana dengan Dara Petak putri Melayu , menjadi raja Majapahit. Jayanegara dibunuh oleh tabib Tancha, yang kemudian dibunuh oleh Gajah Mada.

Tahun 1329-1350 Masehi, Tribuana Wijayottunggadewi menjadi ratu Majapahit.

Jayanegara tidak berputra, yang menggantikan seharusnya Gayatri yang menjadi pertapa, maka anaknya Sri Gitarja menggantikan dan bergelar Tribuana. Dia memerintah didampingi suaminya Kertawardhana. Tribuana mengangkat Gajah Mada sebagai mahapatih.

Dibantu Adityawarman, Gajah Mada menaklukkanBali (1334).

Tahun 1347 Masehi, Black DeathWabah penyakit sampar (pes) menyerang Eropa, diperkirakan sekitar sepertiga penduduk Eropa meninggal akibat wabah ini.Wabah ini bermula dari Sisilia waktu pasukan Kipchak melemparkan bagian-bagian mayat kedalamkotayang dikepung.

Tahun 1355 Masehi, Ibnu Batutah (1304-1369),Tangier,Morocco, membukukan riwayat perjalannya sejauh 120,000 km menjelajahi negeri-negeri Muslim, termasuk perjalanannya ke Cina dan Sumatera.

Tahun 1337-1453 Masehi, Perang 100 tahun. Legalitas raja-raja abad pertengahan seringkali berkaitan antar satu kerajaan dengan lainnya. Raja William I dari Normandi menaklukkanEngland 1066, kemudian perkawinan dan aliansi telah merobah hak English di daerah Perancis.

Pada waktu meninggalnya raja Perancis Charles IV pada 1328, Edwar III dari England yang juga adalah Duke dari Guyenne (Selatan Perancis) dan Count dari Ponthieu (English Channel) dan ibu dari Edward II adalah saudara Charles IV yang tidak punya putra, maka Edward III merasa berhak atas tahta Perancis.

Count Valois yang merupakan cucu dari Philip III (Perancis) juga mengklaim tahta itu. Bangsawan Perancis memilih Philip VI, yang merampas tanah Edward III, dan berakhir dengan perang yang berkepanjangan selamalima generasi.

Tahun 1349 Masehi, Duke of Burgundy (Franks) menguasaiNetherlands, Belgium & Luxemburg. Sejak abad ke 10 daerahNetherlandsterbagi atas beberapa negara kecil yang berperang satu sama lain. Burgundy menyatukan daerah ini yang kemudian dikuasai oleh Dinasti Habsburg (Austria) sampai abad ke 15.

Tahun 1350-1389 Masehi, Hayam Wuruk (Rajasanagara) menjadi raja Majapahit.

Gajah Mada masih menjadi Mahapatih Majapahit, legenda sumpah Palapa oleh Gajahmada bersumber dari buku Negarakertagama yang ditulis oleh Mpu Prapanca pada tahun 1365 semasa Hayam Wuruk. pada masa ini Majapahit mendapat masa keemasan dengan keberhasilan penaklukan (setidaknya hegemoni) banyak kerajaan lain seantero Nusantara.

Tahun 1358 Masehi, Penyelesaian istanaAlhambra(Cordova) setelah dikerjakan selama 80 tahun.Alhambra, istana dan sekaligus benteng,Granada, Spanyol. Nama Alhambra (Arab) mempunyai arti ”si merah” karena dindingnya terbuat dari bata yang berwarna merah.

Dibangun pada masa pemerintahan Ibn Al-Ahmar dinasti Nasrid (1238) dan penerusnya di atas sebuah bukit dimana seluruh penjuru kota Granada kelihatan. Dekorasi interior yang mengagumkan dibangun oleh Yusuf I (m.1354). Setelah bangsa Moor dikalahkan pada tahun 1492, sebagian interior dirobah dan dihancurkan.

Dibangun kembali oleh Charles V yang menguasai Spanyol (1515-1556) dengangaya Rennaisance. Berapa menara dirubuhkan oleh Perancis dalam Perang Kemerdekaan (1812). Gempa dahsyat tahun 1821 menambah kerusakan struktur. Restorasi dimulai tahun 1828 dan berlanjut sampai abad ke 20.

Alcazaba atau benteng, merupakan bagian tertua yang dibangun oleh bangsa Moor hanya tinggal didnding benteng yang massif. Di dalam Alcazab terletak istanaAlhambrayang terbagi dua dengan Alhambra Alta (Alhambra Atas) tempat kedudukan pemerintahan pada jaman dulu.

Ruangan utama istana ini Patio de los Arrayanes (Court of the Myrtles) dan Patio de los Leones (Court of the Lions, dinamai demikian karena ditengahnya ada air mancur yang ditopang oleh 12 patung singa dari marmer, lambang kekuatan dan keberanian). Ruangan yang paling penting ialah Sala de los Embajadores (Hall of Ambassadors, yang merupakan ruangan resepsi), kemudian Sala de las Dos Hermanas (Hall of Two Sisters), dengan ornament model stalactite.

Tahun 1377 Masehi, Majapahit menaklukkan Palembang dan tumbuhnya Malaka.

Parameswara diyakini sebagai seorang pangeran dari Palembang yang berhasil meloloskan diri dari serangan Majapahit, melarikan diri ke semenanjung Malaya, menemukan pelabuhan yang bagus dibagian paling sempit dari selat Malaka dan mendirikan kota pelabuhan Malaka.

Malaka bergerak menaklukkan daerah-daerah di kedua sisi Selat Malaka yang menghasilkan bahan pangan, timah, emas, dan lada, sehingga meningkatkan kemakmuran dan posisi strategisnya. Pada tahun 1480, kerajaan ini menguasai pusat-pusat penduduk yang penting di seluruh SemenanjungMalayabagian Selatan dan pantai Timur Sumatera bagian tengah.

Pada mulanya, Parameswara adalah seorang raja yang ber­agama Hindu—Budha, tampaknya pada masa akhir pemerintahannya (1390-1414), dia menganut agama Islam dan memakai nama Iskandar Syah. Dua orang penggantinya, Megat Iskandar Syah (1414-1424) dan Muhammad Syah (1424-1444), beragama Islam.

Akan tetapi, ada kemungkinan telah terjadi suatu reaksi dari kalangan Hindu-Budha selama masa pemerintahan raja keempat, Parameswara Dewa Syah (1445-6), yang tampaknya terbunuh dalam suatu kudeta yang dilancarkan orang Islam dan digantikan oleh saudara sepupunya, Sultan Muzaffar Syah (1446-1459). Setelah itu, posisi Islam semakin tidak tersaingi.

Aspek yang paling menarik dari Malaka bagi sejarah Indo­nesia ini ialah jaringan perdagangannya yang sangat luas yang membentang sampai ke pulau-pulau di Indonesia. Tome Pires, penulis Portugis, telah melukiskan kebesaran sistem ini dengan semangat yang mungkin berlebihan, tetapi deskripsi umumnya jelas dapat dipercaya.

Tahun 1379 Masehi, Perang Bubat

Titik balik perluasan Majapahit berakhir dengan Perang Bubat yang terjadi antara kerajaan Sunda dengan Majapahit. Bermula dari rencana perkawinan politik Hayam Wuruj dengan Dyah Pitaloka (citraresmi) dari Sunda.

Sewaktu pengantin dan rombongan samapai di Majapahit (Trowulan), Gajah Mada menghendaki pengantin dipersembahkan lebih dulu kepada Hayam Wuruk sebelum perkawinan dilaksanakan. Hal itu tidak bisa diterima oleh rombongan Sunda, dan peperangan di Bubat. Semua rombongan dan pengantin terbunuh.

Catatan: Dua negara besar pada abad XIV dan XV, Majapahit dan Malaka, Majapahit adalah negara Hindu-Budha,. sementara Malaka, walaupun merupakan negara terpenting di nusantara bagian barat, terletak di kawasan yang sekarang menjadi negeri Malaysia.

Sejarah yang rinci mengenai Majapahit sangat tidak jelas. Sumber-sumbernya yang utama adalah prasasti-prasasti berbahasa lawa Kuno, naskah Desawarnana atau Negarakertagama berbahasa Jawa Kuno yang ditulis pada tahun 1365 (dikenal hanya dalam manuskrip-manuskrip yang lebih kemudian), naskah Pararaton berbahasa Jawa Tengahan (yang dikenal dari salinan-salinan yang lebih kemudian yang ditemukan di PulauBali), dan beberapa catatan berbahasa Cina.

Keterpercayaan semua sumber yang berbahasa Jawa tersebut telah disangsikan oleh C.C. Berg, yang menyatakan bahwa sumber-sumber itu harus dipandang bukan sebagai dokumen-dokumen sejarah, melainkan sebagai dokumen-dokumen sakti, yang harus dipahami dalam konteks mitos-mitos politiko-religius yang menjadi perhatian para penulis catatan-catatan tersebut. Berg beranggapan bahwa naskah-naskah itu tidak dimaksudkan untuk rnerekam peristiwa-peristiwa masa lampau.

Tahun 1403 Masehi, Kaisar Ming (China) memulai politik ekspansi ke Selatan.

Tahun 1389-1429 Masehi, Vikramawardhana menjadi raja Majapahit.

Tahun 1405 Masehi, Cheng Ho (seorang Muslim) duta besar KaisarChinamengunjungi Sumatera dan Jawa dan memaksa semua raja Jawa dan Sumatera mengakui kekuasaan Cina. Sekaligus masuknya Islam dari Cina.

Tahun 1419 Masehi, Makam Maulana Malik Ibrahim, makam Muslim pertama di Gresik.

Tahun 1429 Masehi, Ratu Suhita menjadi ratu Majapahit.

Tahun 1435 Masehi, Leonardo da Vinci (1452-1519), artis, pelukis, pematung, arsitek, engineer dan saintis dariFlorence, Italia. Leonardo mulanya magang pada Andrea del Verrochio (1435-1488), dan memperlihatkan bakat melukis yang menakjubkan, menulis Della Pitture (Treatise On Painting) pada 1435.

Melakukan penyelidikan anatomi manusia dan membuat gambar anatomi dengan detail yang mengagumkan. Pada awalnya studi anatominya sekitar struktur kerangka dan otot manusia, kemudian beralih kebagian dalam. Leonardo menggabungkan riset anatomi dan fisiologi atau fungsi mekanik dari tubuh manusia yang dikerjakan dengan membedah mayat di rumah sakit bersama Marcantonio della Torre.

Riset ini tidak dipublikasikan, baru terungkap setelah tahun 1956.Bersama ahli matematika Lucia Paciolli mempublikasikan hasil studinya tentang Divina Proportione(Proporsi Agung) pada tubuh manusia melanjutkan teori proportionalitas Vitruvius (100 BC) dengan membuktikan teori itu berasal dari proporsi tubuh manusia, jarak dari kepala ke pinggang dan pinggang ke ujung kaki terhadap tinggi selalu dalam proporis yang disebut golden section.

Gambar ini terkenal dengan nama Vitruvian Man. Pada saat tubuh manusia berdiri tegak di atas lantai rata dengan lengan terentang, maka garis terluar akan membentuk segi empat, bila dalam posisi kedua lengan terangkat dan kaki jarang atau posisi elang, maka garis terluar akan membentuk lingkaran.

Penemuan ini mempunyai kontribusi dalam merubah pandangan tentang manusia zaman Renaissance.Golden Sectionyang diulas oleh Leonardo dalam seni, matematika, adalah proporsi geometris yang ada di alam, misalnya perbandingan panjang tulang siku terhadap panjang lengan, angka perbandingan ini selalu jatuh pada angka 0.6180339…. Secara estetis ini adalah proporsi terbaik dalam arsitektur dan lainnya dalam alam.

A————-B——–CBilaAB= 1 dan panjang keseluruhan AC = x, maka AC/CB = AB/AC dapat dirobah menjadi x / (1-x) = 1 / x bila kedua sisi persamaan dikalikan dengan x(1-x) akan mendapatkan x2 = 1 – x, penyelesaikan dengan persamaan kuadrat, akan mendapatkan x = (-1 + Ö5) / 2 = 0.6180339…

Sebagai saintis Leonardo da Vinci sangat menonjol pada zamannya seperti halnya dalam karya seni semuanya berasal dari observasi yang sangat teliti, sebagian besar ditulis dengan terbalik sebuah pameran skill yang luar biasa. sebagian besar karya sains itu tidak berhubungan dengan zamannya, lebih banyak berkaitan dengan zaman modern.

Dalam anatomi dia menyelidiki aliran darah dan mekanik pergerakan mata. Dia melakukan studi geologi dan meteorologi dan menemukan pengaruh bulan terhadap pasang dan terbentuknya benua dan asal mula fossil. Teori awal hidrolik darinya yang menghasilkan teknik kanal.

Dia merancang banyak sekali mesin dan mekanik, termasuk peralatan untuk terbang walaupun tidak praktis namun sangat sesuai dengan prinsip aerodinamik, demikian pula dengan ortnithopter, dasar dari helikopter telah diselidiki oleh Leonardo. Setidaknya Leonardo da Vinci adalah illustrator saintifik pertama.

Tahun 1451-1453 Masehi, Rajasawardhana (Bre Pamotan) menjadi raja Majapahit.

Tahun 1456-1466 Masehi, Girisawardhana (Bre Wengker) menjadi raja Majapahit.

Tahun 1466-1478Masehi, Singhawikramawardhana (Bre Pandan Salar) menjadi raja Majapahit.

Tahun 1492 Masehi, Christophorus Columbus (1451-1506) sampai di San Salvador, benua Amerika.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

   

    

MENARIK:  Sejarah Letusan Gunung Rokatenda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *