Keajaiban 10 Tempat Wisata Favorit di Asia Tenggara

KEAJAIBANDUNIA.WEB.ID ~ Tempat Wisata Favorit di Asia Tenggara Tenggara merupakan tempat yang banyak sekali dikunjungi oleh banyak orang, karena selain untuk refreshing juga untuk menghibur keluarga serta untuk bisa memberikan semangat baru lagi bagi sahabat yang sellau bekerja keras.

Asia merupakan kawasan yang terkenal dengan keramahannya dan penghormatannya dan juga terkenal dengan tempat-tempat wisatanya yang menarik, berikut in8ii kami sajikan untuk sahabat seua referensi tempat wisata yang harus sahabat kunjungi.

1. Angkor Wat, Kamboja

Angkor Wat
Angkor Wat di Kamboja

Siapa tak kenal Angkor Wat? Bangunan sejenis candi yang berdiri kokoh di dekat kota Siem Reap, Kamboja, tersebut dikenal sebagai monumen keagamaan terbesar di dunia.

Loading...

Angkor Wat berdiri kokoh selama kurang lebih 900 tahun dengan mengusung gaya arsitektur Khmer yang berundak-undak dan penuh dengan relief rumit. Tempat ini kian populer di mata wisatawan dunia setelah menjadi lokasi syuting dari film box office “Tomb Raider”.

Selain bentuk bangunan yang megah dan eksotis, Angkor Wat juga menawarkan pemandangan alam indah dan suasana yang tenang.

Angkor Wat memang dikelilingi oleh pepohonan hijau nan rindang sementara lokasinya agak terpisah dari hiruk pikuk kota. Mengunjungi Angkor Wat, wisatawan akan merasa seolah terpisah dari kehidupan abad 21 dan kembali menjelajah ke masa lalu.

2. Halong Bay, Vietnam

Halong Bay
Halong Bay di Vietnam

Jangan lewatkan kunjungan ke Halong Bay jika berwisata ke Vietnam. Halong Bay atau Teluk Ha Long menawarkan pemandangan yang menyihir berupa laguna hijau tenang berhiaskan tebing-tebing kapur besar.

Di wilayah Ha Long Bay yang membentang seluas 1.553 km persegi, tersebar sekitar 1.900-2.000 bongkahan batu besar. Latar belakang langit biru jernih menyempurnakan keindahan Halong Bay di Vietnam. Tak heran jika kemudian Halong Bay dinobatkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

Di balik keindahan Halong Bay, tersimpan sebuah legenda yang menarik. Konon, pada saat masyarakat Vietnam berperang melawan penjajah, para dewa mengirimkan keluarga naga untuk melindungi mereka.

Sang naga kemudian memuntahkan batu giok dan permata yang berubah menjadi tebing-tebing batu untuk menghalangi penjajah memasuki wilayah Vietnam. Wilayah di mana sang naga diturunkan kemudian dikenal dengan nama Halong Bay. Dalam bahasa lokal, Halong Bay memang berarti Teluk Naga.

3. Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru, Indonesia

Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru
Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru di Indonesia

Di antara sekian banyak tempat indah di Indonesia, Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru termasuk salah satu yang istimewa. Tempat wisata yang terletak di provinsi Jawa Timur ini memiliki pemandangan matahari terbit yang menakjubkan.

Banyak wisatawan rela bangun pada dini hari dan menempuh perjalanan panjang yang menanjak dan berkelok-kelok menggunakan mobil jeep hanya untuk menyaksikan pemandangan tersebut.

Rasa kantuk serta udara super dingin yang menyelimuti wisatawan akan segera terlupakan ketika matahari berbentuk bulat sempurna muncul dari balik Gunung Bromo yang terlihat seperti gundukan pasir kecokelatan.

4. Luang Prabang, Laos

Luang Prabang
Air Terjun Kuang Si di Luang Prabang di Laos

Diam-diam, Laos menyimpan tempat yang menarik untuk berwisata. Luang Prabang namanya. Dulunya dikenal sebagai ibukota Laos, Luang Prabang kini menjadi kota istimewa yang tercatat sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

Daya tarik kota Luang Prabang terletak pada kehadiran bangunan-bangunan kayu yang memiliki gaya arsitektur Lao dengan sedikit sentuhan Eropa.

Luang Prabang juga dikenal sebagai salah satu kota paling bersih dan teratur di Asia Tenggara. Keistimewaan lainnya dari Luang Prabang ada pada 2 aliran sungai yang membentengi kota di sisi kanan dan kiri.

5. Borobudur, Indonesia

Borobudur, Indonesia
Candi Borobudur di Indonesia

Tak mau kalah dengan Angkor Wat di Kamboja, Indonesia juga punya monumen keagamaan megah yang dikenal dengan nama Candi Borobudur. Candi Buddha terbesar di Indonesia ini bahkan berusia lebih tua antara 200- 300 tahun dibanding Angkor Wat.

Candi Borobudur dibangun oleh Dinasti Syailendra pada abad ke-9. Bangunan candi yang megah dihiasi oleh 504 patung Buddha sementara dindingnya berukirkan 2.672 relief yang menceritakan berbagai peristiwa mulai dari kisah kelahiran Buddha hingga kehidupan sehari-hari warga.

Meski tak lagi tercatat sebagai satu dari tujuh keajaiban dunia, Borobudur tetap populer di kalangan wisatawan lokal dan mancanegara di Indonesia.

6. Langkawi, Malaysia

Langkawi, Malaysia
Jembatan Udara Langkawi di Malaysia

Malaysia ternyata punya gugusan kepulauan indah yang populer sebagai destinasi wisata. Tempat yang dimaksud adalah Langkawi (Langkawi Permata Kedah).

Kepulauan yang meliputi 104 pulau kecil (99 saat air pasang) ini menawarkan berbagai tempat wisata menarik berupa air terjun, pegunungan, hamparan sawah, taman-taman indah, serta jembatan gantung setinggi 125 meter di atas permukaan tanah.

Namun, ada daya tarik lain yang membuat Langkawi digemari wisatawan. Langkawi merupakan satu dari sedikit area bebas pajak di Malaysia.

7. Boracay, Filipina

Boracay, Filipina
Boracay di Filipina

Sebagai negara kepulauan, Filipina memiliki banyak pulau cantik yang cocok untuk berlibur. Boracay disebut-sebut sebagai salah satu pulau tercantik di Filipina.

Pantai berpasir putih dengan air berwarna pirus jernih menjadi daya tarik utama Boracay. Ditambah dengan udara tropis yang hangat serta suasana yang tenang, Boracay bagaikan surga bagi wisatawan dan pasangan yang berbulan madu.

Pengunjung Pulau Boracay bisa melakukan berbagai aktivitas pantai seperti berenang, berjemur, menyelam, snorkeling, windsurfing, ataupun kiteboarding. Namun, keindahan alam dan suasana tenang di Pulau Boracay biasanya mengundang wisatawan untuk terus-terusan bersantai dan bermalas-malasan.

8. Sentosa, Singapura

 Pulau Sentosa, Singapura
Pulau Sentosa di Singapura

Tak cuma kawasan wisata alam, Asia Tenggara juga punya tempat wisata yang mewah dan modern. Salah satu kawasan wisata paling canggih dan modern dapat kamu temukan di Pulau Sentosa, Singapura.

Hotel-hotel mewah, pantai indah, taman hiburan kelas dunia, sampai pusat perjudian (kasino) tersedia di kawasan Sentosa. Asyiknya lagi, semua alat transportasi di Pulau Sentosa bisa digunakan tanpa biaya alias gratisss!

Sentosa juga menjadi lokasi dari taman hiburan terpopuler di Singapura yaitu Universal Studios Singapore – taman hiburan pertama di Asia Tenggara yang mengusung tema film-film Hollywood dengan lisensi dari Universal Studio AS.

9. Wat Pho, Thailand

Wat Pho, Thailand
Patung Buddha Berbaring di Wat Pho Thailand

Ada banyak sekali tempat menarik di Thailand, namun wisatawan biasanya tak melewatkan kunjungan ke Bangkok. Meski telah berkembang menjadi kota metropolitan yang modern, Bangkok tak pernah kehilangan sisi tradisionalnya.

Terbukti, kota ini masih memiliki banyak bangunan bersejarah salah satunya adalah Wat Pho. Tempat suci agama Buddha ini menyimpan karya seni spektakuler berupa patung Buddha berbaring yang dilapisi oleh emas.

Oleh sebab itu, Wat Pho juga dikenal dengan nama Temple of the Reclining Buddha (Kuil Buddha Berbaring). Dengan panjang 46 meter dan lebar 15 meter, patung Buddha berbaring di Wat Pho tercatat sebagai patung Buddha terbesar di Thailand.

10. Gili Trawangan, Indonesia

Gili Trawangan, Indonesia
Gili Trawangan di Indonesia

Indonesia punya beberapa pulau indah yang terbebas dari polusi, salah satunya adalah Gili Trawangan di Lombok. Kok bisa bebas polusi? Karena pulau ini tidak mengizinkan adanya kendaraan bermotor di lingkungan pulau.

Wisatawan dan warga lokal hanya diperbolehkan menggunakan alat transportasi non-mesin seperti sepeda dan kereta kuda (cidomo). Karena itulah kualitas air dan udara di Gili Trawangan masih sangat terjaga. Gili Trawangan juga terkenal sebagai destinasi bulan madu favorit wisatawan lokal dan mancanegara.

MENARIK:  Perjalanan Nabi Ibrahim dari Mesir ke Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *