Keunikan Batu Bacan yang Sangat Terkenal

KEAJAIBANDUNIA.WEB.ID – Batu bacan merupakan batu akik mulia yang sangat terkenal saat ini, dan merupakan nomor wahid di kalangan batu akik lainnya. Batu ini sangat terkenal di zaman kesultanan maluku utara, dengan mahkota – mahkota yang berhiaskan batu bacan yang terdapat di atasnya yang menambah keagungan.

Batu bacan
Bongkahan batu bacan

Pada tahun 1960-an, Saat presiden RI pertama, Soekarno, berkunjung di pulau Bacan (kota Labuha), masyarakat memberikan cindera mata berupa batu bacan kepada Presiden Soekarno.

Kelebihan batu bacan berbeda dengan batu-batu permata lainnya dan warnanya bermacam-macam, yaitu hijau, kuning tua, kuning muda, hijau cincau sampai 3 jenis, merah, putih bening, putih susu, warna teh, keunguan, coklat, warna kembang ada 2 sampai 9 warna, hijau muda seperti warna permen relaxa.

Loading...

Dari semua jenis batu bacan ini, cepat atau lambat batu akan proses berubah menjadi lebih indah sehingga batu bacan disebut batu hidup.

Batu bacan proses memiliki beberapa tahap proses perubahan.

Sebagai contoh Batu bacan proses awal warna dasar hitam , seiring dengan waktu mengalami proses perubahan warna yang hitam menjadi hijau, tetapi tidak semua bongkahan sekaligus 100% berubah warna menjadi hijau tapi bertahap; ada yang hitam dan ada yang hijau.

Batu bacan Palamea
Contoh Batu bacan Palamea

Setelah perubahan warna menjadi hijau mengalami 3 proses tahapan lagi; dari hijau menjadi proses pembersihan dan dari bersih menjadi proses bening. Sesudah bening mengalami proses lagi di dalamnya menjadi seperti air dan lama kelamaan di dalam batu bacan tersebut seluruhnya menjadi seperti air.

Kalau mau proses perubahan warna menjadi cepat, maka bentuklah batu bacan menjadi mata cincin atau mata kalung (bahan sudah diproses menjadi bahan jadi) dan langsung dipakai sebagai kalung dan cincin.

Ada batu bacan juga yang hijau sangat muda (bukan warna hijau cincau dan warna biru) mengalami proses perubahan menjadi putih susu danwarna putih susu berubah menjadi proses akhir bening.

Batu bacan doko
Contoh Batu bacan doko

Proses perubahan warna batu bacan itulah yang membuat orang luar negeri sangat tercengang dan sangat kagum. Sekitar tahun 1994 orang luar negeri sudah mulai tahu keunggulan batu bacan , tetapi sayang orang Indonesia belum tahu kelebihan batu bacan asal negeri sendiri.

Pembeli batu bacan dari luar negeri terbanyak negara-negara etnis tionghoa, arab (dubai), dan sebagian Eropa. Mulai tahun 2010 sampai sekarang barulah orang Indonesia tahu keunggulan batu bacan.

Jadi maaf, batu bacan tidak bisa disamakan seperti batu lainnya di Indonesia. Kelebihan batu bacan melebihi batu giok dan tingkat kekerasan batu bacan saja 7,5 skala Mohs seperti batu jamrud.

Sehingga bisa dikatakan batu bacan memiliki kelebihan tersendiri dan hal itulah mengapa batu bacan sangat mahal.
Hati-hati juga dengan batu imitasi; ada yang mengatakan batu bacan padahal bukan batu bacan, dan ada batu-batu permata dari luar (bukan pulau kasiruta) mengatakan batu bacan.

Ada juga batu bacan mati yang dibentuk jadi mata kalung atau mata cincin dan batu tersebut tidak akan proses lagi.

MENARIK:  Khasiat, Manfaat dan Kegunaan Batu Bacan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *