Mengenal Batu Giok dan Batu Aquamarine

KEAJAIBANDUNIA.WEB.ID – Batu giok atau dalam bahasa asing disebut batu nephriet, ada juga yang menamakan batu ini batu ginjal, karena berhubungan dengan kepercayaan, yaitu dapat menolak atau menyembuhkan penyakit ginjal atau pinggang. Batu giok ini juga dapat dihubungkan dengan kemuliaan Tuhan Allah yang diberi sebutan Giok Hong Siang Tee.

Contoh Batu Giok
Berbagai jenis Batu Giok

Ada bermacam macam warna batu giok, mulai dari putih susu, abu-abu, hijau kelabu, hijau rumput agak biru, kemerah merahan,dan merah coklat.

Batu giok yang bagus warnanya hampir bening, bebas dari bintik bintik.

Loading...

Batu giok yang sering banget dicari adalah batu giok yang warnanya hijau tua rumput dan bersinar bening.

Batu giok yang sering sekali dipakai sebagai perhiasan adalah “jadeit”, berbeda dengan batu nephrite yang harganya lebih mahal di Tiongkok.

Bagi orang awam sangat susah membedakan antara nephrite dan jadeit.

Jadeit oleh bangsa Spanyol digunakan sebagai penangkal atau penolak penyakit pinggang.Sedangkan di Tiongkok, bubuk batu giok digunakan untuk upacara keramat,bahkan ahli mengatakan batu giok dapat menjadi penawar untuk memanjangkan umur.

Jadeit dan Nephrite kalau sudah diolah dapat memancarkan kilauan yang indah. Jenis batu giok sangat keras, sehingga orang tidak mudah memahat dan mengukir batu ini, jadi harus direbus dulu.

Batu giok banyak ditemukan di:   

    Birma
    Tiongkok
    Mesir
    Selandia Baru
    Amerika (tepi sungai amasone)
    Tibet
    Turkestan Timur

Mengenal batu “Aquamarine” (Akamarin – Batu Biru Laut)

Di Indonesia batu Aquamarine lebih dikenal dengan dengan nama batu biru laut.Batu ini kebanyakan berwarna hijau bening,dan semu-semu biru sampai warna biru laut.

Contoh batu Aquamarine
Berbagai bentuk batu Aquamarine

Batu ini banyak disukai orang Eropa. Ada orang membuat batu Aquamarine dari bahan-bahan yang sama dengan aslinya,yaitu “beryilium”.

Batu Aquamarine yang asli terasa dingin jika dipegang,tidak halnya dengan batu Aquamarine tiruan. Batu Aquamarine yang asli akan mengambang bila dimasukkan ke dalam cairan bromoform, sedangkan yang tiruan akan tenggelam. Pada umumnya orang mendapatkan batu Aquamairne di India, Birma, Afrika Selatan, Madagaskar dan Australia.

Khasiat Batu Aquamarine adalah mempertinggi rasa kasih sayang dalam rumah tangga, dan membawa banyak kebahagiaan bagi seseorang yang pekerjaannya berhubungan dengan laut. Juga dapat menyembuhkan macam-macam penyakit.

MENARIK:  Lukisan Gua Maros Berumur 40.000 Tahun Lebih Tua Dibanding Lukisan Gua Di Eropa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *