Hubungan Kerajaan Mataram dengan Kediri dan Singasari

KEAJAIBANDUNIA.WEB.ID – Kerajaan Mataram kuno berdiri di Jawa Tengah pada abad ke -8, kemudian Mpu Sindok memindahkan kerajaan Mataram ke Jawa timur pada abad ke -10. Keajaan Mataram kuno semakin berkembang pada masa pemerintahan Teguh darmawangsa.

Hubungan Kerajaan Mataram dengan Kediri

Pada masa Pemerintahan Darmawangsa dilakukan penyerangan terhadap Kerajaan Sriwijaya, namun serangan itu dibalas Kerajaan Sriwijaya dengan memanfaatkan raja-raja bawahan Mataram untuk memberontak terhadap Rajanya.

Loading...

Maka dilaksanakan serbuan tiba-tiba ke Mataram, yang mengakibatkan terbunuhnya Darmawangsa.

Pengganti Darmawangsa adalah Airlangga, Ia membangun kerajaan Medang di Jawa Timur. Akhir Pemerintahannya Airlangga membagi kerajaan menjadi dua yaitu Kerajaan Jenggala (Kerajaan Singasari) dan Kerajaan Panjalu (Kerajaan Kediri)

Kerajaan kediri (1042-1222)

Raja Kediri pertama adalah Raja Bamecwara ia kemudian digantikan oleh Jayabaya, Raja ini terkenal dengan ramalannnya.

MENARIK:  Catatan Seajarah Nusantara Tahun 1000 Masehi Sampai 1500 Masehi

Hasil sastra pada masa Jayabaya adalah:

  1. Kitab Bharatayuda oleh Mpu Sedah dan Mpu Panuluh
  2. Kitab Gatotkaca Karangan Mpu Panuluh

Selanjudnya raja yang memerintah Kediri adalah Sarvecvara, Aryyaevara, Kracaradipagandra, kemudian Kamecvara. Raja terakhir adalah Raja Kertajaya yang dikalahkan oleh Ken Arok

Kerajaan singasari

Sumber sejarah mengenai kerajaan Singasari yaitu:

  1. Kitab Pararaton isinya menceritakan riwayat Ken arok dari lahir sampai menjadi raja
  2. Kitab Negarakertagama: ditulis dengan Mpu Prapanca isinya menganai pandangan filsafat, keindahan keraton Majapahit, perjalanan suci Hayam Wuruk, dan terdapat juga riwayat Ken Arok

Pemerintahan

Raja Pertama Singasari adalah Ken Arok . Ia menduduki kekukasaan dengan membunuh Tunggul Ametung dan memperistri Ken Dedes. Namun setelah berkuasa Ken Arok dibunuh Anusapati, anak tiri Tunggul Ametung.

MENARIK:  Silsilah Keturunan Nabi Nuh

Setelah naik tahta Anusupati dibunuh Tohjaya, anak Ken Arok. Dalam pemerintahannya Tohjaya mati terbunuh akibat pemberontakan. Selanjudnya kekeuasaan diserahkan pada Ronggowuni lalu Kertanegara.

Pada masa pemerintahan Kertanegara, Kerajaan Singasari mencapai puncak Kejayaannya yang ditandai dengan EKSPEDISI PAMALAYU dan menghadapi serangan dari Kubilai Khan dari Cina

Akhir Kerajaan Singasari

Sewaktu mengahadapin Kubilai Khan dan Penyatuan Nusantara dalam Ekspedisi Pamalayu, tahun 1292 Singasari diserang oleh Jayakatwang, Raja Kediri

Setelah itu,muncul kerajaan majapahit yang dipimpin oleh Raden wijaya yang bergelar kertajasa.Ia memperkuat kedudukannya dengan cara:

– Pertama, Raden saleh berpura-pura mengabdi pada Jayakatwang oleh usul Arya Wiraraja

– Kemudian,Ia memanfaatkan tentara mongol dengan mengajak bekerjasama untuk menghancurkan kekuasaan Jayakatwang.

MENARIK:  Dasar-Dasar Ilmu Kalam

– Setelah itu Ia menikahi keempat putri Kertanegara (yang merupakan raja dari kerajaan Singasari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *