Bukti Adanya Peradaban Purba di Indonesia

KEAJAIBANDUNIA.WEB.ID – Selain penemuan artefak dan perkakas kuno itu, pulau Sulawesi memang pernah pula ditemukan gambar-gambar prasejarah di dalam gua-gua kunonya.

Bukti Adanya Peradaban Purba di Indonesia
Peta Persebaran Peradaban Purba di Indonesia

Selain itu menurut perhitungan radio karbon maka dinyatakan oleh ilmuwan bahwa lukisan di dalam gua-gua di Sulawesi adalah lukisan tertua sejagat.

Hal ini membuktikan bahwa, memang telah ada suatu kelompok atau spesies pada peradaban masa lalu di pulau Sulawesi.

Loading...

Selain si Hobbit dari Flores, di pulau Jawa juga pernah ditemukan Homo erectus oleh ilmuwan terkenal, Dubois. Pada beberapa tahun lalu disebuah gua bernama Gua Harimau di Sumatera juga telah ditemukan fosil Homo erectus.

Belum lagi di Tulungagung Jawa Timur pernah ditemukan pula perkakas manusia purba yang berusia sekitar 40.000 sebelum masehi. Bahkan di Eropa pernah ditemukan fosil manusia purba yang memiliki kekerabatan dengan manusia Jawa kuno.

Sementara itu di Papua juga banyak terdapat bukti peradaban prasejarah, seperti lukisan di gua-gua pinggir pantai. Dan menakjubkannya, juga pernah ditemukan fosil di Siberia yang memiliki kekerabatan dengan manusia purba dari Papua.

Bahkan dalam beberapa tahun terakhir sebuah bangunan kuno yang diyakini tertua di dunia juga ditemukan di kepulauan Indonesia, tepatnya di pulau Jawa yang dinamakan situs megalitik Gunung Padang yang berada di Cianjur Jawa Barat.

Sebelumnya sempat pula diisukan bahwa di Candi Panataran, Candi Ceto dan Candi Sukuh terdapat relief-relief yang menggambarkan kekuasaan Indonesia di Asia bahkan hingga ke benua Amerika.

Bukti dan penelitian di wilayah Indonesia yang banyak terdapat peninggalan-peninggalan masa kuno itu akhirnya menjadi layaknya taman bermain yang paling menantang bagi arkeolog-arkeolog dunia.

Apakah itu artinya bahwa benua Atlantis yang hilang ada di wilayah Indonesia?

MENARIK:  Legenda Gunung Semeru

3 KOMENTAR untuk “Bukti Adanya Peradaban Purba di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *