Keajaiban Penemuan Benua Zealandia

KEAJAIBANDUNIA.WEB.ID – Saat ini para ilmuwan ingin mengungkapkan bahwa tak hanya ada tujuh benua seperti pada pelajaran di sekolah, karena kebanyakan anak-anak memahami bahwa di dunia ini hanya ada tujuh benua.

Ketujuh benua yang diketahui selama ini yaitu: Afrika, Asia, Antartika, Australia, Eropa, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Namun, ada satu benua lagi yang disebut “Zealandia” dan telah tersembunyi selama ribuan tahun lamanya.

Loading...

Ada sebelas peneliti dibalik studi penemuan benua yang dinamakan Zealandia mengungkapkan, bahwa Selandia Baru (New Zealand) dan Kaledonia Baru (New Caledonia) yang berada disebelah timur Australia, ternyata bukan semata-mata hanya sekumpulan kepulauan.

Tapi sebaliknya, keduanya merupakan bagian dari lempengan kerak benua yang berbeda dari Australia, dengan perkiraan luas 4,9 juta kilometer persegi. Benua ini berada di barat daya Samudera Pasifik dan hampir 94 persennya berada di bawah laut.

MENARIK:  Bencana Nuh Dan Misteri Sejarah Peradaban Manusia

“Ini bukanlah sebuah penemuan yang tiba-tiba, tapi realisasi secara bertahap selama 10 tahun terakhir,” ungkap seorang peneliti pada jurnal Geological Society of America.

Konsep tentang Zealandia sebenarnya bukanlah hal yang sangat baru. Isu itu sudah dimunculkan oleh Bruce Luyendyk, ahli geofisika di Universitas California pada tahun 1995.

Tapi penamaan Zealandia itu digunakan untuk menggambarkan Selandia Baru, Kaledonia Baru, dan potongan pulau yang terendam di wilayah Gondwana, yaitu Super Benua 200 juta tahun lalu.

Peneliti dibalik studi ini kemudian menggunakan persepsi Bruce Luyendyk untuk memeriksa lebih jauh bukti-bukti yang digunakan ahli geologi untuk mengungkap lempengan batu benua.

“Kami berpendapat bahwa Zealandia jauh lebih awal diidentifikasi sebagai salah satu benua bumi,” ungkap salah satu peneliti dalam jurnal Geological Society of America itu.

MENARIK:  Energi Baru Dari Pusat Galaksi Memicu Adrenalin Manusia

Pada saat ini, Kaledonia Baru adalah sebuah wilayah yang berstatus jajahan sui generis Perancis (Departemen dan Teritori Seberang Laut Perancis). Kaledonia Baru merupakan sebuah teritori seberang laut sejak 1946, tetapi sebagai hasil dari Piagam Nouméa 1998, wilayah tersebut mendapatkan status khusus (statut particulier atau statut original) pada 1999.

Kewarganegaraan Kaledonia Baru diciptakan, dan pengalihan kekuasaan secara bertahap dari Perancis ke Kaledonia Baru sendiri telah dimulai, yang akan berlangsung selama lima belas hingga dua puluh tahun.

Sedangkan Selandia Baru (dalam bahasa Maori disebut Aotearoa) adalah negara kepulauan Monarki konstitusional dibawah Kerajaan Inggris.

Selandia Baru ini berada di barat daya Samudera Pasifik, atau kira-kira 1.500 kilometer di sebelah tenggara benua Australia. Dinamakan “baru” bisa jadi sebagai representasi kepulauan baru dari benua Zealandia pada masa lampau.

MENARIK:  Keajaiban Bentuk Formasi Awan Unik di Langit

Jadi, Selandia (yang dalam bahasa Inggris disebut Zealandia) ini juga diketahui sebagai Tasmantis atau benua Selandia yang baru, adalah benua yang diperkirakan hampir seluruhnya tenggelam setelah terpisah dari Australia 60-85 juta tahun yang lalu dan dari Antartika antara 130 dan 85 juta tahun yang lalu.

Benua ini mungkin sepenuhnya tenggelam 23 juta tahun yang lalu, dan sebagian besarnya (sekitar 93%) tetap tenggelam di bawah permukaan Samudera Pasifik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *