Keajaiban Situs Warisan Dunia Tembok Besar Cina

 

Situs Warisan Dunia Tembok Besar Cina

 

Siapa yang tak tahu tembok besar Cina? Situs warisan dunia tembok besar Cina sudah lama diakui seluruh dunia sebagai salah satu keajaiban dunia.

Digadang-gadang sebagai tembok terpanjang, Cina membangun dinding ini di bagian kanan dan kiri hingga mencapai 21.196.18 kilometer di bagian Utara.

Tembok besar yang kini menjadi salah satu keajaiban dunia konon dikabarkan merupakan buatan manusia yang terlihat dari angkasa. Namun, sampai dengan detik ini belum ada konfirmasi pasti dari Nasa karena warna tembok hampir sama dengan warna tanah.

Keajaiban dunia dari kota ini ini sudah terbangun sedari zaman sebelum masehi pada masa pemerintahan Kaisar Qin Shi Huang.

Konon dulu tujuan dibangunnya tembok besar Cina sebagai perlindungan dari serangan masyarakat nomaden yang brutal dan mengancam keselamatan.

Meskipun pada kenyataannya upaya tersebut tidak benar-benar menghalau bahaya seratus persen. Namun, adanya dinding Cina menjadi pertanda keagungan dan kekuatan yang abadi negara Cina.

BACA:  Keajaiban Kota Makkah

Terlepas dari terlihat atau tidaknya tembok tersebut dari luar angkasa.

Beberapa Fakta Unik tentang Tembok Cina

Hadir sebagai tembok terpanjang di dunia, tembok besar Cina memiliki beragam fakta unik, seperti:

Lem Beras

Pasta tepung beras dipilih sebagai perekat atau lem karena daya rekat yang kuat dan bahannya cepat kering. Konon awalnya material yang digunakan adalah batu, kayu, dan tanah.

Namun meninjau segi efisiensi, dinasti Qin memerintahkan pembangunan dengan beras.

Makam Terpanjang

Menakutkan, tapi nyata bahwa dinding Cina ini merupakan makam terpanjang di dunia. Fakta mengenaskan menyebut bahwa pada saat pengerjaan tembok ini tidak ada waktu istirahat bagi pekerja.

Padahal waktu pengerjaan sangat lama sehingga menyebabkan kematian.

Kerja Paksa

BACA:  Daftar Empat Benua Hilang

Rodi atau kerja paksa adalah sistem yang dilakukan oleh pemerintahan saat itu demi membangun benteng pertahanan kota ini.

Proyek ini merupakan proyek ambisius yang dijalankan dengan menekan pengeluaran. Demi bisa selesai cepat, dipekerjakanlah tawanan, budak, petani.

Kini dikenal sebagai warisan dunia, ternyata ada sejarah panjang dan mengerikan di dalamnya. Ada orang yang konon melalui perjalanan hingga 17 bulan untuk melewati tembok Cina.

Saking panjangnya, hingga bisa melewati sekian banyak gunung di Cina.

Situs Warisan Dunia Tembok Besar Cina

Bagian Barat dan Timur Tembok Besar Cina

Cina seolah ingin menegaskan kedigjayaannya melalui simbol naga yang melingkupi benteng. Pasalnya jika ditelusuri salah satu ujung dinding berlokasi di Barat, Shanhaiguan.

Kemudian ujung lainnya ada di Timur, Top Lake. Diibaratkan seperti naga karena kepala tembok mengarah ke laut.

Jika sampai ke ujung Timur maka pengunjung bisa menikmati pemandangan laut luas melalui menara yang disediakan.

BACA:  Raja Namrud dan Ratu Semiramis

Konon ada banyak titik poin di lokasi, namun yang digemari hanya beberapa. Contohnya Changtai Tower dan Nereus Temple sebagai lokasi pemantau favorit.

Tembok besar Cina yang kita saksikan saat ini bukan bangunan asli dari semenjak zaman pembangunan. Konon ada beberapa bagian yang hancur karena bom yang digunakan Jepang ketika dulu tidak akur dengan Cina. Pemerintah kota ini mengabadikan beberapa dalam bentuk replika.

Tujuannya sederhana, yakni agar maha karya manusia terbesar di dunia ini tetap dikenang dalam jangka waktu lama. Terbukti dengan sampai saat ini tidak sedikit orang yang selalu tertarik mengunjungi tembok tatkala di Cina.

Sejarah yang panjang dan rumit serta penuh penindasan, darah, dan air mata membawa upaya orang Cina zaman dulu menjadi warisan dunia.

 

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

titisan dewa wisnu siapa saja, mitos perkutut kuku panjang, Karangan argumentasi bahasa madura, tema geguritan kalabendu, Taksengguh kala bathara wus lebur Tembung bathara iku tegese, karangan dalam bahasa sunda tentang kehidupan sehari, teks drama tradisional bahasa jawa, teks ekspansi bertema toleransi, contoh teks eksposisi seni pertunjukan jawa dalam bahasa jawa, wali pengampun cianjur

JANGAN LEWATKAN